Pasang Klakson Keong Denso Waterproof

Pasang Klason Keong Denso Waterproof

RPMSUPER.COM – KLAkson merupakan piranti pendukung yang wajib ada di setiap kendaraan bermotor, bahkan keberadaanya sudah di atur dalam unda-undang Pasal 70 Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 1993 tentang Kendaraan Bermotor dan Pengemudi.

Fungsi klason adalah  salah satu alat berkomunikasi dengan pengendara lain. Komunikasi ini bisa berupa peringatan atau isyarat untuk pengendara lain. Contohnya saat kita hendak mendahului kendaraan yang lebih besar di depan bisa dengan membunyikan klakso sebagai isyarat pada kendaran kita. Klason juga bisa digunakna saling menyapa antarsesama pengguna jalan raya 😀 .

Jenis klakson ada beberapa jenis, ada bejenis disc (yang bentuknya bundar) dan ada juga klason keong (disebut seperti karena bentuknya menyerupai hewan keong :mrgreen: ) dan sebaginya. Untuk jumlah klakson tergantung produsen kendaraan, b isa berjumlah satu biji (single) atau dua buah (stereo).

Nah, beberapa waktu yang lalu RPM mengganti klason bawaan motor saya karena kadang kurang pede dengan suara yang dihasilkan. Walaupun suara yang dihasilkan sudah nyaring, karena klasonnya terdapat dua buah. Klason orinya berjenis klakson disk atau menyerupai cakram.

Setelah riset di google :mrgreen: pilihan jatuh pada merk Denso. Sebab, dari beberapa testimoni terdapat opsi antara merk Hella dan Denso, tetapi rata-rata memilih brand dari Denso. Klakson keongnya terdapat dua jenis, yaitu model biasa dan model waterproof. Perbedaannya terletak pada bodiya, pada model waterproff terdapat tutup pada kepala klakson agar air tidak mudah masu ke dalam klakson, sedangkan model biasa tidak terdapat tutupnya.

Untuk harga saya membeli dengan harga Rp 130.000 an (ingat beda wilyah, beda penjual bisa saja berbeda). Kelengkapannya terdapat klakson keong waterproof dua buah (saya pakai kanan dan kiri), buku panduan pemasangan saja.  Apakah masih butuh perangkat lain untuk Pasang Klason Keong Denso Waterproof ?

klason-dkw

Yup, saya menambahkan relay agar tidak membuat aki cepat tekor dan suara yang dihasilkan oleh klakson tetap terjaga. Untuk relaynya saya memilih merk ONS yang harganya sekitar Rp 15.000 dengan socket 4 kaki. Ternyata si mekanik menyarankan untuk membeli kabel sepanjang dua meter, socket klakson dan socket pada relay. Total dari tiga perangkat tadi adalah Rp 10.000.

klason-relay
Relay

Untuk penggantian klasonnya cukup Plug and Play tinggal menyerusikan braket klakson pada lubang baut yang sudah ada di motor. Yang memakan banyak waktu dalam pengintalasian klason keong denso waterproof ini adalah saat memasangkan relay, karena memaksa membongkar headlamp juga. Untuk proses intalasi saya kurang tahu-menahu dan terima beres saja :mrgreen: . Untuk jasa mekaniknya dipatok sebesar Rp 20.000.

Bagaimana hasilnya ? Sesuai ekspektasi dari saya, suaranya nyaring dan stereo seperti pada mobil mahal macam BMW :mrgreen: . Hanya saja saat pemasangan kabelnya kurang rapi dan kadangn-kadang relaynya masih sedikit kelihatan dari arah samping.


Last … Sekarang suara klakson menjadi lebih berwibawa dan tidak lagi minder saat menyapa pengendara lain di jalan :mrgreen: . Total biaya yang saya keluarkan sekitar Rp 175.000 sudah termasuk jasa mekanik. Overall saya puas dengan hasil suara yang dihasilkan. Mungkin ada sobat di sini yang sudah pasang ? Silahkan share di kolom komentar atau yang ingin memasang semoga ini bisa menjadi acuan 😀 . Sekian saya mohon undur diri semoga berguna dan bermanfaat 😀 – RPMSUPER – RPMSUPER.COM -Pasang Klakson Keong Denso Waterproof- SUARA KLASON KEONG DENSO WATERPROOF –

Hasil suara :

 

Sosial Media : Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM Twitter : klik di sini Instagram : klik di sini Email : klik di sini Google + : klik di sini Youtube channel : Klik Di sini Another blog : Miranto.id ( health and fitness )  lapak rpmsuper

Baca juga bray

Masukan komentar Anda