Pasang Footstep Underbone

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

RPMSUPER.COM –ย ย Footstep adalah tempat dimana kaki berpijak saat kita berkendara. Yang sudah dirancang khusus oleh insinyur yang handal dalam bidangnya karena menyangkut kenyamanan pengendara.

Kadang juga dapat menyangkut ย keselamatan pengendara jika ditilik dari kuat atau tidaknya footstep itu sendiri. Footstep kini aftermarketnya juga sudah banyak mulai dari harga yang murah meriah hingga harga yang melejit .

Nah , pada hari sabtu 13 Sepetember kemarin, RPM berkesempatan memasang footstep underbone atau dikenal dengan footstepย racing. Namun, mencari footstepnya tidak semudah membalikan telapak tangan karena underbone khusus si black shadow tidak ada di kota RPM hiks ๐Ÿ˜ฎ .

Untuk footstep belakang mudah saja mencarinya. Akhirnya saya ambil footstep belakang kepunyaan Suzuki Satria Fu yang versi kW 1000 yang ditebus ukup dengan harga Rp 55.000 .

Untuk footstep sendiri RPM harus melalang buana di kota mencari di toko variasi yang ada :mrgreen: . Namun, mendapatkan hasil yang nihil. Setelah mecari referensi akhirnya tidak harus yang PnP untuk New Megapro. Namun, bisa menggunakan footstep underbone motor lain namun harus custom dudukannya. Cari referensi lagi mana yang agak cocok dengan New Megapro .

footstep fu

Piliihan itu ada 3 opsi yaitu Suzuki Satria Fu, Yamaha Jupiter MX dan Honda Tiger. Setelah seharian mencari hanya mendapatkan milik Honda Tiger saja ya sudah diambil dengan harga yang murah meriah yaitu Rp 85.000 dengan merk Sinagawa Metal . Barangnya mempunyai warna chrome dan RPM pikir tinggal pasang saja ternyata tidak ! .

underbone7

Langsung saja meluncur ke bengkel bubut terdekat. Setelah konsultasi dengan pemilik bengkel ternyata semuanya membutuhkan braket sendiri termasuk underbone Honda Tiger. Memang lubang di arm sudah pas namun dratnya terlalu panjang akhirnya dibuatkan dudukannya dan tak lupa braket untuk master rem karena underbone ini khusus rem tromol .

Pemasangan pertama pembuatan braket untuk footstep belakang. Pekerja menghitung dengan seksama agar pas ukurannya dan tidak merusak bodi asli. Kemudian membuat braket underbone kanan dulu. Oh iy,a pemasangan footstep belakang setelah dibuatkan braket langsung dilas dengan bodi .

Namun, sangat disayangkan membuat ke tiga barang tersebut memakan waktu lebih dari 4 jam hingga bengkel sendiri mau tutup terpaksa part standar dipasang kembali. Namun, ย hasilnya rem belakang blog, stwitch rem rusak dan timbul suara aneh di sekitar kepala knalpot .

Dua hari kemudian pengerjaan dilanjutkan pengerjaan dimulai dari jam 10 pagi kemudian RPM tinggal untuk sekolah kembali. Jam 2 siang ternyata pngerjaan belum selesai baru selesai sambungan untuk braket master rem dan akhirnya pada jam 16.30 pengerjaan semua terlah selesai. Oh iya, braket menggunakan plat bsi yang lumayan tebal kira2 5 mm .

Pemasangan ini membutuhkan biaya sebesar Rp 170.000 malah lebih besar dari harga baranganya sendiri ๐Ÿ˜ฎ . Langsung tancap untuk pulan dan review pertama yang RPM rasakan adalah rem belakang tidak bekerja dan saat RPM injak dengan sekuat tenaga malah karet bantalan rem malah patah ๐Ÿ˜ฎ . Keesokannya langsung saja dibawa kebengkel langganan untuk memperbaikinya dan juga memperbaiki remnya agar bekerja kembali .

Pada underbone dan braket underbone kanan dibor kembali dan ditata ulang tempat master rem belakang dan benar saja hasilnya rem kembali bekerja normal. Kata mekanik bengkel itu disebabkan perhitungan pembuatan braket salah .

Perbaikan tersebut menelan biaya Rp 35.000 dan jumlah keseluruhan dari pemasangan underbone adalah Rp 340.000 ๐Ÿ˜ฎ hampir sama dengan merk yang terkenal. Namun, hasilnya memuaskan .

Footstep depan jadi lebih mundur kebelakang yang membuat kaki lebih menekuk . Transmisinya pun berubah jika biasanya injak untuk gear 1 dan mengurangi gear dan cukil untuk menambah gear ,setelah menggunakan ini menjadi sebalikanya. Untuk mengurangi gear dan ke gear 1 hasrus dicukil dan untuk menambah gear diinjak seperti motoGP :mrgreen:

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Menggunakannya pertama kali agak aneh rasanya karena kaki lebih mundur tetapi stang masih tinggi dan ditambah dengan raiser stang. Namun tidak terlalu mengganggu kenyamanan saat berkendaraan, dan masih memperlukan penyesuaian. Menggunakan underbone ini mengakibatkan switch rem belakang tidak dapat digunakan ๐Ÿ˜ฎ .

Footstep belakang menjadi model gantung yang membuatnya minim getaran tidak seperti footstep asli dari motor. Sedikit tambahan buat sobat RPM pilihlah underbone yang PnP saja jika tidak mau ribet kalau tidak ada seperti nasib RPM buat braket harus pas dan kuat agar tidak terjadi hal yang diingikan. Penggunaan underbone ini juga membuat motor lebih racy look ๐Ÿ˜€ .

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Footstep menjadi model gantung tanpa merusak bodi
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Lumayan menambah penampilan ๐Ÿ˜€
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Footstep tidak seperti motor bebek lagi ๐Ÿ˜€

 

Last… Pemasangan underbone ini memanglah sulit karena harus dengan membuat braket yang cukup banyak ,yang PnP hanya tuas gear saja :mrgreen: ,bagaimana apakah sobat RPM ada yang tertarik untuk pasang footstep racing ini ? ,atau ada yang sudah menggunakannya silahkan dishare dikolom komentar.Sekian semoga berguna dan bermanfaat ๐Ÿ˜€ –ย RPM – RPMSUPER.COM –

Baca juga bray

No Comments

Masukan komentar Anda