Pasang Cakram Lebar Jangan Sembarangan

RPMSUPER.COM – Rem merupakan piranti yang wajib ada dalam kendaraan termasuk sepeda motor, karena  menyangkut keselamatan sang pengendara itu sendiri. Rem yang sering digunakan sekarang adalah rem tipe cakram. Hampir semua pabrikan sudah mengapilkasikan ini untuk rem depan dan banyak juga yang diaplikasikan untuk rem belakang.

Dilihat dari namanya rem ini membutuhkan

 cakram sebagai media gesek dengan kampas rem untuk mengurangi dan menghentikan laju motor. Nah, biasanya lebar cakram yang didesain pabrikan sudah dihitung dengan matang dengan hal yang mempengaruhinya. Misal lamanya menghentikan laju motor ,daya tahan dll .

Namun, banyak bikers yang mengganti diameter cakramnya dengan ukuran yang lebih lebar dari ukuran standar dengan alasan agar lebih pakem dan membuat tampilan semakin keren. Cakram motor mempunyai harga yang sangat beragam mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Biasanya harga mempengaruhi kualitas dari cakram itu sendiri.

Cakram juga ada yang universal untuk semua motor. Namun, ada juga yang khsusus untuk salah satu atau dua  motor agar motor yang dimaksud dapat memasangnya tanpa harus merubah apapun alias PnP (Plug n Play) yang biasanya sudah dilengkapi braket khusus dari produsen yang membuat . Untuk cakram untuk universal biasanya harus membuat braket sendiri .

cakram1

Cakram mempunyai model yang amat beragam yang membuatnya semakin keren. Namun, jangan memilih model yang terlalu rumit. Pilih saja yang cuma lingkaran atau hanya ada variasi sedikit pada cakram tersebut karena juga akan mempengaruhi daya cengkram terhadap kampas rem. Tapi, untuk ini terserah sobat semua karena alasan mengganti cakram lebar bisa berbeda .

Nah,untuk yang model universal dalam membuat braket harus dihitung dengan teliti dan cermat jangan sampai miring karena itu akan membuat habisnya kampas rem tidak merata dan daya rem tidak terlalu pakem,membuat braket cakram minimal dengan ketebalan 5 mm agar aman saat digunakan.

Jangan lupa memilih cakram dengan kualitas material yang bagus agar saat digunakan tidak terjadi hal yang tidak diingikan seperti melengkung saat cakram panas dan ngeloss karena kualiatas material rendah. Karena menggunakan cakram lebar dapat membuat rem lebih pakem. Hal ini mengakibatkan kampas rem akan lebih cepat habis karena bidang rem semakin lebar .

Bagi yang belum terbiasa akan berbahaya juga karena hanya dengan menekan tuas rem sedikit rem sudah bekerja dengan baik. Untuk yang tidak terbiasa bisa kaget bahkan ngesot karena masih terbiasa menekan tuas rem dengan dalam .

Cakram lebar juga mempunyai kelebihan cepat melepas panas dari gesekan cakram dengan kampas rem seperti yang telah diterapkan motoGP. Kini MotoGP menggunakan cakram yang lebih lebar agar panas lebih cepat menurun suhunya. Saat pertama menggantika jangan langsung digunakan untuk mengerem dengan ekstrem karena bidang rem belum terbentuk dan biasanya membutuhkan waktu 2-3 hari .

Last ..mungkin dari diskripsi diatas ada yang mau menambahkan ? ,atau ada yang mau berbagi pengalaman bagi yang telang menggunakan cakram lebar termasuk plus minusnya .Sekian dari saya ,mohon untuk diri .Semoga berguna dan bermanfaat 😀 RPM – RPMSUPER.COM

Sosial Media : Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM Twitter : klik di sini Instagram : klik di sini Email : klik di sini Google + : klik di sini Youtube channel : Klik Di sini Another blog : Miranto.id ( health and fitness )  lapak rpmsuper

Baca juga bray

21 Comments

Masukan komentar Anda