Motor Bersama Kembarannya

bocah kembar

RPMSUPER.COM – SEPEDA MOTOR alat transportasi nomor satu di Indonesia sepertinya tidak akan habis walaupun dibahas terus menerus dan banyak hal-hal menarik di dalamnya. Nah, akhir-akrhir ini telah terdapat berita booming yaitu kembaran dari Yamaha R25. Setelah dilihat, ternyata tidak hanya Yamaha R25 yang memiliki kembaran, tetapi banyak. Rata-rata sih produsen yang membuat mirip-mirip adalah produsen dari Cina. Bukan bermaksud untuk merendahkan produsen Cina, tetapi hanya untuk memperlihatkan kembaran motor yang ada dibelahan dunia ini.

Kemiripin ini biasa disebut dengan klonengan. Tidak tahu kenapa bisa kembar, entah sengaja dibuat mirip sedemikian rupa, atau masing-masing produsen memiliki inspirasi yang sama. Selain itu, disebut klonengan mungkin karena launching produk mereka sesudah produk merk lain yang sudah ada. Langsung saja bro 😀

1.CS1 Vs YX125

1

Sekilas kedua motor ini mempunyai tingkat kemiripan yang sangat itnggi, bisa dilihat dari keseluruhan bodi, velg, knalpot dan lain-lainnya. Mungkin yang membedakan kedua produk ini hanyalah blok mesin pada bagian kiri karena terdapat merk produsennya. Untuk dapur pacu diatas kertas juga sama. Keduanya mengusung mesin SOHC berkubikasi 125CC.

 

2.CBR 150 Vs VSR 200

\3

Kedua motor ini memiliki tingkat kemiripian yang cukup tinggi, tetapi detail pada motor ini cukup berbeda. Dimulai dari bagian knalpot yang memiliki desain yang berbeda dan headlamp kepunyaan Viar VSR 200 memiliki sudut yang lebih lancip. Untuk urusan dapur pacu mereka mempunyai perbedaan yaitu untuk Honda CBR mengusung mesin DOHC 150CC dan Viar VSR mengusung mesin SOHC 200CC.

 

3.Honda Vario VS APPKTM Premio

4

Kedua motor ini memiliki kemiripan pada bagian depan. Mulai dari penutup speedometer hingga letak lampu utama dan sein. Nah, untuk perbedaan yang cukup mencolok yaitu motor Honda Vario adalah motor skubek (skuter bebek), sedangkan APPKTM Premio adalah motor bebek. Kubikasi mesinnya juga berbeda di Honda Vario hanya berkubikasi 110 CC sedangkan APPKTM Premio mengusung mesin 150CC.

 

4.Kawasaki Ninja 250 FI VS Kengo R350

5

Secara garis besar memang benar-benar mirip dan juga sama-sama mengusung mesin dua silinder, tetapi untuk Kengo 350 mengusung mesin berjenis SOHC dengan 5 kecepatan. Sedangkan untuk Kawasaki Ninja, mengusung mesin DOHC 6 percepatan. Sebenarnya Kengo  R350 lebih mirip dengan Kawasaki Ninja 300 karena kubikasi mesinnya hampir sama. Malah Kengo R350 sudah mengusung rem doble disk brake pada bagian depan.

 

5.Suzuki Satria F150 VS Blade NSR 150

6

Desain lampu depan sangatlah mirip tetapi kalau dilihat dari sayap samping kita akan tahu perbedaanyang sangat mencolok, yaitu pada sayap samping Suzuki Satria F memanjang hingga bawah, tetapi untuk Blade NSR 150 sayap sampingnya kecil dan terlihat rangka pemegang mesinnya.

 

6.Yamaha Fino VS APP KTM Milan VS Honda Scoopy

8

Dari yang atas hanya kembar dua, untuk kali ini malah kembar tiga :mrgreen: . Secara keseluruhan APPKTM ini lebih mendekati desain dari Yamaha Fino, tetapi untuk bagian belakang ketiga motor ini memiliki kemiripan.

 

7.XGJAO RZ35 VS YAMAHA R25

7

Ini yang membuat berita yang cukup booming di belantikan roda dua, yaitu Yamaha R25 memiliki kembaran dari negara Cina sana (ya sebenarnya lebih mirip ke Yamaha R3 karena kubikasinya juga hampir sama). Dilihat sekilas memang mirip dari depan hingga belakang, yang membedakan merek mungkin hanya pada bagian knalpot (jika dari samping). Tapi, dari sektor depan XGJAO RZ35 ini malah lebih unggul spesifikasinya daripada Yamaha R25, yaitu mengusung lampu HID dan dilengkapi dengan lampu Daily Run Light (DRL).

 

8.National Motor NAtional 350 VS Ducati Evo 848

2

Pict : kapanlagi.com

Ternyata hampir semua segmen sudah ada kembarannya, termasuk motor sekelas Ducati sudah ada klonengannya. Kalau dilihat secara sepintas mirip-mirip, tetapi kalau dilihat feel dari Ducati Evo 848 ini sangat berbeda dengan National 350. Urusan dapur pacunya juga berbeda untuk Ducati Evo 848 mengusung L-Twin cylinder, 4 valve per cylinder Desmodromic, 6 percepatan 848CC sedangkan untuk National mengusung mesin SOHC 5 percepatan berkubikasi 350CC. Untuk harga juga terpaut sangat jauh untuk National 350 dibandrol dengan Rp 23 juta sedangkan untuk Ducati Evo 848 dibandrol mencapai Rp 290 juta.

Last…mungkin masih banyak lagi produk sepeda motor yang memiliki kemiripan dengan produk dari produsen yang berbeda, tetapi RPM hanya menyampaikan sedikit saja. Disini RPM tidak bermaksud merendahkan produk buatan produsen Cina, ini hanya untuk menambah wawasan kita. Sekian RPM mohon undur diri, semoga berguna dan bermanfaat 😀 – RPM – RPMSUPER – RPMSUPER.NET – RPMSUPER.COM –

Sosial Media : Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM Twitter : klik di sini Instagram : klik di sini Email : klik di sini Google + : klik di sini Youtube channel : Klik Di sini Another blog : Miranto.id ( health and fitness )  lapak rpmsuper

Baca juga bray

One Comment

Masukan komentar Anda