Motor Bermesin Pesawat Jet Tempur

hayabusa jet

RPMSUPER.COM – Kanibalisasi di jagat sepeda motor memang sudah sering didengar. Terlebih dengan tujuan modifikasi. Menggunakan spare part motor lain bisa menjadi opsi lain karena harganya mungkin yang lebih terjangkau dan kualitas terjamin pabrikan. Nah, apa jadinya kalau kanibalisasi ini bukan dengan sesama sepeda motor .

Seperti judul diatas yaitu motor bermesin pesawat jet tempur bukan hanya judul semata karena  hal ini memang ada dan motor itu. Adalah motor legenda Suzuki, yaitu Hayabusa yang dimodifikasi mesinnya menggunakan mesin jet F14 dengan banyak penyesuaian dan dana pastinya :mrgreen: . Aktor dari hal ini yang tak adalah, Tony Pandolfo, 54, asal Orlando, Florida, AS sang pemilik Suzuki Hayabusa yang satu ini.

Dia memodifikasi Suzuki Hayabusanya menggunakan mesin jet F14 😆 , karena itu juga sudah merupakan cita-citanya yang sudah lama. Mesin jet yang digunakan adalah AlliedSignal jet fuel starter (JFS). Mesin yang digunakan ini sama seperti yang digunakan pada pesawat tempur F14 lama milik Angkatan Laut AS. Dengan demikian bahan bakar yang digunakan adalah K2 Kerosene yang biasa dipakai pesawat jet.

jet f14
Jet F14

Pandolfo yang merupakan seorang prosefor ini harus memodifikasi turbin jet agar tenaga yang dikeluarkan tidak terlalu meledak-ledak. Juga menurut perkataanya yang berbunyi ” Saya sangat memimpikan sepeda motor bertenaga jet. Suaranya mirip pesawat terbang, bisa dikendarai siapa saja, tenaganya juga tidak perlu besar.” kata Pandolfo .

Walau Pandolfo biacara tenaga tidak terlalu besar, tetapi untuk meraih kecepatan 150km/h dari posisi diam merupakan hal yang sepele. Konon mesin jet ini mempunyai torsi sebesar 406,28 Nm 😯 . Torsi sebesar itu harus digunakan secara bijak dan harus mempunyai skill yang tinggi, karena tenaganya juga setara dengan mobil supersport.

Namun, Hayabusa ini menggunakan transmisi otomatis :mrgreen: yang bermesin jet 😀 . Tapi, suara yang dihasil mirip jet asli ketika melintas. Pasti jika ada oprasi di Indonesia pasti kena :mrgreen: . Pada bagian knalpot dengan mudah dapat mengeluarkan api yang besar namun ini yang membuat motor ini sangat boros yaitu hanya 2,1 km / liter 😀 .

hayabisa turbo

Motor dengan bobot bersih 181,4 kg memiliki kapasitas tangki bahan bakar 18,9 liter. Untuk menunjang keselamatan, motor ini juga dilengkapi dengan rem cakram ganda (dua kaliper untuk belakang). Jika anda berminat Suzuki Hayabusa bermesin jet ini ternyata juga siap dilego oleh Tony dengan harga  60.000 dollar AS atau setara Rp 539,4 juta 😀 .

Agar lebih joss bisa dilihat video dibawah ini 😀 :

Last.. artikel ini sekedar untuk menambah wawasan sobat RPM semua dan jika sudah pernah membaca di halaman lain saya mohon maaf 😀 .Sekian dari saya ,mohon kritik dan saran .Semoga berguna dan bermanfaat 😀 RPM – RPMSUPER.COM –

Baca juga bray

33 Comments

Masukan komentar Anda