Lampu Halogen Jangan Dipegang !

halogen-10

 

PMSUPER.COM –ย Lampu merupakan sumber penerangan pada sepeda motor. Lampu mempunyai beberapa jenis dari mulai bohlam biasa, lampu halogen, lampu LED dll . Lampu halogen sudah banyak digunakan berbagai produsen motor sebagai standar penerangan motor hasil karya mereka .

Lampu halogen juga beragam tipenya mulai dariย H1, H3, H4, H6, H7 hingga H11. Lampu halogen biasanya memancarkan cahaya dibarengi dengan menimbulkan panas . Coba saja saat lampu halogen dinyalakan. Kemudian mika rasakan pada sekitar mika, pasti akan terasa panas. Hal ini terjadi karena dalam lampu halogen berisiย campuran gas seperti Nitrogen, Argon dan Krypton dan berisi filamen tungsten.

Dan saat lampu menyala, flamen akan menyala dan akan menjadi panas sekitar 2000 derajat celsius. Masih berani pegang lampu halogen saat menyala ? :mrgreen: . Nah, kembali kejudul jangan mengentuh lampu halogen sembarangan kenapa ? Karena menyentuh dinding kaca lampu halogen akan meninggalkan sidik jari .

Sidik jari biasanya meninggalkan lemak yang tipis. Kemudian saat lampu menyala lemak itu akan melebur di dinding lampu yang membuat lampu sedikit redup bahkan akan membuat lampu cepat putus. Jadi jangan sembarangan saat memegang lampu halogen terlebih saat sobat akan menggantinya. Solusinya dapat dengan memegang ujung lampu seperti foto dibawah ini.

pegang

Lampu halogen mempunyai umur yang cukup panjang yaitu sekitar 4000 hingga 7500 jam tergantung cara pemakaian dan merk yang digunakan. Lampu halogen juga mempunyai harga yang cukup ekonomis dimulai dari Rp 12.000 saja, tetapi ada juga yang mencapai ratusan ribu rupiah. Tergantung dengan kualitas dan lifetime dari lampu halogen tersebut. Biasanya semakin mahal, akan semakin baik pula kualitas yang dimilikinya.

Sedikit tambahan beberapa hal yang mebuat lampu halogen cepat putus, antara lain :

  • Sering dipegang pada bagian dinding kaca.
  • Terkena air saat menyala.
  • Tegangan listrik kurang.
  • Tegangan listrik tidak stabil.
  • Banyak getaran .

Last.. mungkin hanya sedikit tips yang dapat saya bagikan,dan mungkin juga ada sobat RPM yang mau menambahkan tentang hal ini .Sekian mohon undur diri ,semoga berguna dan bermanfaat ๐Ÿ˜€ RPM – RPMSUPER.COM –

Baca juga bray

No Comments

Masukan komentar Anda