Kenapa Moge Mahal

1 - moge

 

RPMSUPER.COM – MOTOR GEDE atau disingkat moge adalah sebuah sebutan bagi sepeda motor yang memliki kubikasi mesin diatas 250cc. Moge ini cukup diminat oelh masyarakat Indonesia karena memilki tampilan yang garang, gagah, dan raungan mesinnya yang bikin bulu kuduk berdiri ?

Bukan rahasia umum kalau  harga motor gede memiliki harga yang tinggi bagi rata-rata penduduk Indonesia. Tapi, hal itu tidak menyurutkan antusiasme mereka untuk memiliki motor-motor berkubikasi besar. Nah pada kesempatan kali, RPM ingin mengupas kenapa motor-motor besar memiliki harga yang selangit ? .

 

1.Pajak yang ajaib

1- pajak

Pajak merupakan salah satu pendapatan utama dari negara kita dan untuk sekarang motor-motor gede blum banyak diproduksi di dalam negeri (mungkin malah belum ada ya ? CMIIW ? ). Karena harus import dari negara-negara tetang si-moge terkena pajak 3 lapis. Apa saja ? Pertama, Pajak bea masuk negara, kemudian pajak penjualan dan terakhir pajak  penjualan barang mewah. Besaran pajak sendiri sudah diautr dalam undang-undang kita, simak dibawah ini bro

  • Peraturan Pemerintah (PP) No. 22 tahun 2014 terkait  Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar 125 persen.
  • Peraturan Menteri Keuangan No. 90/PMK.03/2015 tentang penghasilan atas penjualan barang yang tergolong mewah sebesar 5 persen.
  • Peraturan Menteri Keuangan No. 132/PMK.10/2015 tentang bea masuk barang impor. Kendaraan bermotor roda dua yang tergolong mewah sebesar 50%.

Ketiga pajak diatas bila dijumlahkan 125% + 5% + 50% adalah sebesar 180% :mrgreen: . Pajak yang dikenakan melebihi harga motor itu sendiri, bahkan hampir tiga kali lipat dari harga motor itu sendiri. Cuma itu ? Eitzz tidak bro, masih bisa bertambah lagi dengan pajak masuknya ke daerah lain dan biaya distribusi motor gede :mrgreen: . Belum lagi ditambah surat-surat lain seperti STNK ? .

Misal kita ambil harga motor dengan harga 100 juta, kita tambah pajak barang mewah sebesar 125% akan menjadi Rp 235 juta, ditambah bea masuk sebsar 50%, akan menjadi Rp 285 juta, kita tambah pajak penjualan 5% akan didapat nominal sebesar Rp 290 juta dan itu adalah harga kotor dari motor itu, belum ditambah biaya masuk ke provinsi lain dan surat-surat kelengkapan :mrgreen: .

 

2.Biaya Riset.

1- riset

Riset untuk menciptakan motor-motor besar tidak sembarang dan harus dilalui dengan proses panjang dan yang pasti membutuhkan dana riset yang tidak sedikit.

 

3.Barang impor.

Sepertinya belum ada produk motor gede yang dibuat murni di dalam negeri, kebanyak impor atau CBU (complete bulit up). Karen impor jadilah motor besar terkena pajak yang besar, terlebih ini termasuk barang mewah. Mungkin harga moge bisa lebih dipangkas jika diproduksi dalam negeri.

 

4.Part yang digunakan.

1- part ducati

Pastilah spare part yang digunakan oleh motor-motor gede bukanlah part yang sembarangan. Apalagi part yang menyangkut keamanan seperti rem, dan part penunjang  yang lainnya. Apalagi moge yang sudah dilengkapi dengan eletronik yang canggih seperti traction control dan sebagainya.

 

5.Jumlah produksi.

1- jumlah produksi

Jumlah moge yang beredar di masyarakat pasti jauh jumlahnya bila dibandingkan dengan motor harian yang berkubikasi lebih kecil. Apalagi dibandingkan dengan jumlah motor matic yang ada di Indonesia, pasti tidak ada apa-apanya :mrgreen: .

 

6.Gengsi

1- gengsi

Inilah mengapa orang-orang menginginkan memiliki motor besar, yaitu karena gengsi dan kebanggaan saat memilikinya, terlebih saat menungganginya. Nah, untuk emnjaga gengsi tersebut pabrikan juga membatasi jumlah produksinya. Masak motor mahal satu kompleks banyak yang kembar. :mrgreen: . Hal itu akan menjadikan moge tidak memiliki nilai gengsi yag tinggi.

 

7.Kurs mata uang

1- uang

Ini hal terakhir yang menyebabkan harga motge mahal. Produsen motge seperti Thailand, Jepang, Itali memiliki nilai kurs yang lebih tinggi dibandingkan mata uang Indonesia, rupiah. Kalau rupiah diatas mereka, bisa jadi harga motge tidak sebesar sekarang ? .

LAST – Memiliki motor gede memang menjadi impian oleh banyak orang. Tapi, harganya yang mahal tidak menyurutkan banyak orang untuk membelinya, walaupun sudah dibentengi oleh pajak yang besar dan lain sebaginya. Nah, itulah tadi kenapa motor-motor gede meiliki harga yang tinggi. Sekian RPM mohon unduru diri semoga berguna dan bermanfaat ?  -RPM – RPMSUPER.COM –

Sumber berita : news.federaloil.co.id, mariodevan.com,

Baca juga bray

6 Comments

Masukan komentar Anda