Kenapa Handguard MotoGP Cuma Sebelah ?

0

brakeguard-2

 

RPMSUPER.COM –ย MotoGP merupakan balapan roda dua yang paling bergengsi di dunia. Hal yang ada di motoGP sebagian besar menjadi acuan sebagai modifikasi, teknologi bahkan, untuk tag-line sebuah produk.

MotoGP merupakan ย jet darat yang beroda dua maka dari itu balapan ini membutuhkan piranti keselamatan yang bertaraf tinggi. Sering kita lihat pembalap motoGP kini telah
menggunakan yang namanya leverguard atau pelindung tuas rem.

Hal ini sudah diwajibkan untuk semua pembalap, guna keselamatan dirinya sendiri dan pembalap lain. ย Lever-guard ini dipilih karena mempunyai bentuk yang simple hanya setangkai besi yang panjangnya tak lebih dari 15 cm yang melingkar di tuas rem sang pembalap.

Selain itu, lever-guard ini mempunyai bobot yang ringan dan tidak menganggu aspek aerodinamis yang sudah dirancang sedemikian rupa oleh pabrik kontestan.
Nah, yang kadang timbul pertanyaan kenapa hanya dibagian kanan saja ? ,mengapa tak kedua sisi sekaligus ? .

Nah, untuk yang belum tahu, lever-guard hanya ditempatkan disebelah kanan untuk melindungi tuas rem depan, agar tidak tertekan saat pembalap bersenggolan maupun saat terjadi kecelakaan maupun patah saat motor terjatuh.

Bayangkan saja jika rem yang sangat pakem tiba-tiba tersenggol oleh pembalap lain, bisa-bisa stoppie ditempat :mrgreen: , sekaligus membahayakan pembala yang bersangkutan . Berarti disebelah kiri tidak terlalu berbahaya karena hanya ada tuas kopling, tetapi pembalap juga harus waspada walaupun tidak sebahaya disebelah kanan.

senggolan-marquez-vs-lorenzo-jerez-2013
Senggolan sangat mungkin terjadi

Dan ini adalah contoh utama keharusan menggunakan perangkat ini

Nah, hal ini langsung dibawa dibalapan Indonesia untuk mewajibkan semua kontestan memasang pelindung handle ini, tetapi di Indonesia menggunakan pada kedua sisi stang yaitu, di kanan dan di kiri. Entah apa tujuan utama memasang dibagian kiri juga mungkin untuk memberi keselamatan ekstra bagi pembalap.

img_3516
Balapan Indo sudah mengaplikasikan ini

Dikarenakan motoGP sering digunakan sebagai kiblat modifikasi, hal ini sudah dibawa untuk modifikasi harian maupun kontes. Memang meningkatkan penampilan si-motor dan pabrikan berlomba menciptakan produk ini yang terbaik, tetapi usut punya usut lever-guard yang dipasarkan adalah model tempel dan bisa saja terlepas ditengah jalan ๐Ÿ˜ฎ .

Harganya bervariasi dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah tergantung bahan dan warna yang anda pilih. Bahan yang bagus biasanya dari alumunium, sedangkan untuk yang terbuat dari plastik, biasanya sudah dilengkapi dengan set tambahan.

handguar motogepeh

Last… perkembangan ini cukup berguna untuk harian ,apalagi untuk turun balap . Mungkin cukup segitu saja topik yang kita bahas hari ini. Silahkan, bila ada tambahan dari sobat semua dan mungkin jika ada kesalahan mohon revisinya. Sekian mohon undur diri, semoga berguna dan bermanfaat bagi semua ๐Ÿ˜€ย – RPM – RPMSUPER.COM – KENAPA HANDGUARD MOTOGP CUMA SEBELAH –ย 

Vote me on Voucher.id
Automotive Blogs Award 2017

1 KOMENTAR

  1. motogp 2006 catalunya penyebabnya, awal start menjelang tikungan pertama pedal rem gibernau nyenggol fairing cappirosi.

  2. Indonesia pake kanan kiri soalny yg bikin aksesoris bego,. gk tau fungsi,. makany dibuatlah dua,. kanan kiri.. tp bs jg mungkin krn aspek estetika-aneh kl cm dipasang sebelah..

  3. kalo kita untuk nglindungin telapak tangan kanan om…. jadi biar sopan kalo salaman… masa salaman pake tangan kiri… kan bau, abis cebok…. kwakwakwa….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here