Kelebihan & Kekurangan Cakram Lebar

RPMSUPER.COM – Rem merupakan piranti paling vital untuk kenyamanan dan keselamatan pengendara. Fungsinya adalah mengurangi dan menghentikan laju kendaraan. Rem sendiri memiliki beberapa jenis, tetapi yang paling sering atau umum digunakan adalah rem cakram.

Rem cakram dipilih karena  mempunyai daya rem yang cukup baik dibandingkan rem tromol. Selain itu, rem cakram juga dapat meningkatkan tampilan si kuda besi.

Tidak sedikit pemilik kendaraan yang mengganti cakram standar dengan cakram variasi maupun kanibalisme part motor lain. Alasan yang paling sering digunakan adalah untuk meningkat daya pengereman. Dikarenakan gesekan antara kampas rem dengan cakram lebih lebar dan memperpendek/mempercepat pengereman. Tapi, karena hal itu mengakibatkan kampas rem cepat habis.

Ukuran disc atau cakram pasti sudah dihitung oleh pabrik dengan matang karena memang menyangkut aspek keselamatan jiwa sesorang. Ya, memang namanya manusia nggak ada puasnya :mrgreen: , dan sudah banyak dikembangkan oleh pabrikan part non-pabrikan.

Untuk modelnya mungkin ada banyak,tapi yang paling umum adalah model bundar dan kembang. Untuk sobat yang suka bepergian jauh atau lebih mementingkan durability bisa menggunakan piringan model bundar. Dikarenakan lebih joss untuk jarak jauh dan pelepasan panas juga lebih baik. Tapi, buat sobat yang jarang bepergian jauh atau sekedar untuk mendongkrak penampilan si kuda besi bisa memilih cakram motor kembang (atau yang lainnya sesuai selera).

cakram gaya
Lebih keren,tetapi lebih bagus untuk harian.

 

Menggunakan cakram lebar tidak harus menggunakan merk racing, varasi. Terlebih, untuk sobat yang lebih percaya akan kualitas OEM pabrikan, bisa menggunakan part motor lain yang se-merk maupun beda merk. Tapi, konsekuensinya harus membuatkan lagi braket kaliper untuk menyesuaikan ulang tempat kaliper. Agar bisa mencengkram piringan cakram dengan maksimal ,kalau salah perhitungan bisa membuat kampas rem terkikis secara tidak rata.

Untuk brader yang lebih suka ke merk variasi maupun racing, tidak perlu khawatir karena sudah banyak model jenis dan mungkin sudah ada untuk tiap motor. Malah, untuk beberapa merk sudah disediakan braket untuk kaliper motor sobat. Tapi ,jangan pilih secara asal-asalan atau akan menyesal diakhirnya ? .

Pilih cakram yang bahan dasarnya berkualitas agar awet dan nyaman digunakan. Jika kampas termakan tidak rata dan kadang nyendat-nyendat (malah kaya motor ABS :mrgreen: ) . Mungkin braketnya kurang pas. Jika sudah diaplikasikan jangan langsung digunakan untuk melakukan pengereman ekstrem karena piringan cakram juga harus menyesuiakan dulu,paling tidak gunakan secara biasa 1-4 hari setelah pengepilkasian.

Secara umum kelebihan menggunakan cakram lebar adalah :

  • Pengereman lebih bagus.
  • Lebih cepat membuang panas.
  • Lebih keren.

Tapi,bukan tanpa celah cakram lebar juga memiliki kekurangan,yaitu :

  • Kampas rem lebih boros.
  • Buang-buang uang jika menggunakan produk yang sembarangan.

—-
Last… Memang, banyak orang yang sudah membuktikan menggunakan cakram lebar bisa meningkatkan performa pengereman. Tapi, ada juga orang yang apes, salah satunya rem malah blong. Walapun sudah menggunakan cakram lebar, lebih baik digunakan secara bijak agar tidak terjadi hal yang tidak diingkan. Sekian artikel minggu ini,RPM mohon undur diri,semoga berguna dan bermanfaat ? – RPM – RPMSUPER – RPMSUPER.COM

 

Kunjungi juga :

Facebook Fanspage RPMSUPER - Untuk Daily update tentang dunia Otomotif.

OtoBlade.com - Untuk info seputar dunia mobil.

RPMSUPER - AutoChanel - Untuk video seputar dunia otomotif.

Otoblade.com instagram - Untuk Daily Update tentang Mobil.

Instagram pribadi saya - Untuk info tentang dunia otomotif.

www.miranto.id - untuk diluar berita otomotif.

Kontak RPMSUPER.COM - Juga selalu tersedia 😀

 


Baca juga bray

Review Wuling Confero S by RPMSUPER

10 Komentar

  1. karena gesekan terlalu banyak jadi kampas habis, jadi untuk mengurangi efek gesekan pakai saja ABS. efek bonusnya jarak pengereman jadi lebih pendek. 🙂

  2. pakai cakram lebar susahnya ngakali dudukan biar pas dan cakram tetep bisa mengerem optimal tanpa “seret”.. kebetulan beberapa hari lalu pasang piringan lebar, buat ngakalinnya sampe seharian dikerjain sama warungdohc.. :mrgreen:

Masukan komentar Anda