Kelebihan dan Kekurangan Stang Baplang

Kelebihan dan Kekurangan Stang Baplang

RPMSUPER.COM – STANG adalah fungsi kemudi yang ada dalam sepeda motor. Stang berfungsi mengatur arah yang hendak di tuju, membelokkan roda dan mengarahkan jalannya kendaraan sepeda motor. Jadi fungsi stang sangatlah fital, kalau tidak ada stang yang tidak mungkin :mrgreen:

Jenis stang sendiri ada  cukup banyak, mulai dari stang jepit, stang monyet hingga stang baplang atau nama aslinya stang fatbar. Kenapa disebut stang baplang ? Karena lebar stang yang cukup lebar dan membentang. Biasanya diaplikasikan di motor yang mengusung tema fighter.

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit mengupas tentang kekurangan dan kelebihan menggunakan stang baplang atau stang fatbar. Yang dibahas adalah stang modifikasi yaitu motor yang aslinya tidak menggunakan stang fatbar. Seperti Honda CB150R, New Megapro, Yamaha Vixion dan lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Stang Baplang

Penggunaan stang lebar dipilih karena lebih gagah dari pada stang asli motor karena lebarnya yang lebih lebar, tetapi tinggi stang relative sama atau bahkan lebih rendah, tergantung pada jenis stang fatbarnya sendiri. Penggunaan stang lebar juga realtif lebih nyaman dari pada stang standar, tidak membuat cepat pegal pada badan karena tumpuannya lebih lebar.

stang fat bar

Menggunakan stang baplang juga dapat membuat kendali lebih mudah dan lebih enteng. Hal ini disebabkan oleh tumpuannya yang lebar, seperti motor cross. Walaupun medannya ekstrim, stang harus bisa mengikuti arah yang diinginkan dengan mudah. Jadi menggunakan stang baplang lebih enak untuk diajak manuver.

Walauipun lebih enak untuk manuver, stang lebar mempunyai sisi negatif karena lebarnya stang yang otomatif merubah dimensi motor. Pengendara harus bisa menghitung dengan tepat lebar stang untuk menerjang kemacetan, salah-salah malah membuat stang bersenggolan dengan kendaraan lain, apalagi sampai menyenggol spion mobil, malah bisa bikin masalah panjang.

kelebihan stang fatbar

Stang fatbar lebih cocok digunakan pada orang yang memiliki postur yang tinggi dan lebar, karena jika digunakan pada orang yang relatif pendek malah mebuat bagian bahu lebih cepat capek dan pegal. Saran saya hanya untuk pengendara yang diatas 170 cm ke atas, kalau di bawah itu tetap ingin pakai tidak masalah juga 😀 . Selaint hal itu, beberapa model membuat stang mentok ke tangki (untuk motor sport) dan mengulitkan untuk membuka kunci SKS (secure key system) untuk beberapa model motor, tetapi bisa diakali dengan menambah raiser stang.

Kelebihan menggunakan stang baplang :

  • Lebih gagah (secara tampilan dan selera)
  • Manuver lebih ringan.
  • Relatif tidak cepat pegal atau capek.

Kekurangan menggunakan stang fatbar :

  • Merubah dimensi motor khusunya pada lebar.
  • Harus berpikir dua kali sebelum mendahului kendaraan lain.
  • Bisa mentok ke tangki (tergantung penggunaan dan jenisnya)
  • Menyulitkan saat membuka SKS (untuk beberapa motor)

kekurangan stang baplang

Last.. Penggunaan stang baplang memang mempunyai sisi plus dan minus. Stang baplang bisa anda jadikan pilihan jika sudah bosan dengan tampilan motor, tanpa merubah kenyamanan yang sudah ada, walaupun tidak senyaman stang pabrikan. Sekian saya mohon undur diri, semoga berguna dan bermanfaat 😀 – RPMSUPER – RPMSUPER.COM – KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MENGGUNAKAN STANG BAPLANG –

Baca juga :

 

Kunjungi juga :

Facebook Fanspage RPMSUPER - Untuk Daily update tentang dunia Otomotif.

OtoBlade.com - Untuk info seputar dunia mobil.

RPMSUPER - AutoChanel - Untuk video seputar dunia otomotif.

Otoblade.com instagram - Untuk Daily Update tentang Mobil.

Instagram pribadi saya - Untuk info tentang dunia otomotif.

www.miranto.id - untuk diluar berita otomotif.

Kontak RPMSUPER.COM - Juga selalu tersedia 😀

 


Baca juga bray

Review Suzuki Grand Vitara JLX 2.0

Silahkan masukan komentar Anda !