Kelebihan dan Kekurangan Gas Spontan


gas

RPMSUPER.COM – Jaman sekarang ini memang sudah tak terhitung jumlahnya berbagai spare part penunjang dan menaikan performa si-motor. Mulai dari racing khusus balap, racing untuk harian dan semi racing. Harganya juga mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah untuk menebus spare part yang kita butuhkan.

Pada kesempatan kali ini RPM ingin berbagi tentang  kelebihan dan kekurangan jika diaplikasikan ke motor full standart. Gas spontan sendiri fungsinya mempercepat suplay bensin (kalau tidak salah) karena putaran handle gas spontan sangat sedikit. Tapi sifatnya bukan memanipulasi jarum skep yang tersambung langsung dengan kabel gas, atau katup kupu-kupu pada injeksi

Sebenarnya gas spontan atau sering juga disebut gas kontan diperuntukan untuk balapan motor cross karena sirkuitnya yang pendek-pendek. Dibarengi trek yang naik turun. Sekarang juga sering digunakan untuk balapan 201 meter atau drag dan balapan road race untuk tipikal trek pendek dan cepat.

MotoGP yang selama ini jadi kiblat modifikasi saja tidak menggunakannya, karena sirkuitnya bertipikal panjang dan harus pandai mengatur bukaan gas. Jika diaplikasikan ke motor harian yang masih full standar tidak akan ada penambahan tenaga. Kalaupun ada mungkin itu cuma sugesti yang tertanam.

Gas spontan hanya memperpendek bukaan gas tidak putaran mesin lebih cepat untuk naik, Memakainya untuk harian dapat membantu agar pergelangan tangan tidak pegal saat menghadapi kemacetan karena tidak perlu membuka gas yang dalam untuk menjalankan kendaraan.

Jadi ingat,g as spontan tidak akan berpengaruh terhadap performa hanya mempercepat durasi bukaan gas. Dan satu yang perlu dicataT, yaitu penyesuaian terhadap gas spontan untuk mendapatkan feelingnya. Karena bukaan gas standar dan gas spontan sangat berbeda,gas spontan lebih pendek.

Jadi jika kita tak bisa melakukan penyesuaian bisa-bisa kita terjungkal karena menarik tuasnya langsung full seperti masih menggunakan gas standar. Untuk harga sendiri mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu, untuk yang kompetisi harganya bisa ratusan ribu namun untuk produk kW hanya puluhan ribu saja.

Untuk tampilan sendiri pasti akan terlihat lebih keren dan gaul hehehe :mrgreen: . gas spontan biasanya sudah dilengkapi dengan starter engine dan juga swicth engine. Cocok untuk motor yang belum ada swicth engine-nya (padahal black shadow juga nggak ada hiks 😮 :mrgreen: ).

Ada sedikit tambahn juga, bahwa menggunakan gas spontan dimotor standar sebenarnya juga sia-sia karena tidak meningkatkan performa malah bisa membuat boros bahan bakar. Terlebih yang masih menggunakan karburator standar. Bisa-bisa karbu kewalahan mengatur suplay baha bakar karena seperti “Sedang menguyah makanan tapi kembali disuapi” .

Jadi kesimpulannya mempunyai kelebihan :

  • Mempercepat bukaan gas.
  • Tampilan keren dan trendy (hayyah 😀 )
  • Tidak membuat pegal pergelangan tangan.

Kekurangannya

  • Lebih boros bahan bakar.
  • Tidak ada peningkatan performa

Last…info tentang diskripsi dan kelebihan serta kekurangan gas spontan diatas hanyalah opini dari RPM,mungkin ada yang lebih tau silahkan menambahkan dan mengomentari jika ada kesalahan.Sekian dari saya silahkan dibaca-baca ,mohon kritik,komentar dan sarannya.Semoga berguna dan bermafaat 😀 (RPMSUPER.COM)>>RPM

 

Sosial Media : Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM Twitter : klik di sini Instagram : klik di sini Email : klik di sini Google + : klik di sini Youtube channel : Klik Di sini Another blog : Miranto.id ( health and fitness )  lapak rpmsuper

Baca juga bray

38 Comments

Masukan komentar Anda