Kelebihan dan Kekurangan Ban Tapak Lebar di Mobil

0
Kelebihan dan Kekurangan Ban Tapak Lebar di Mobil

Kelebihan dan Kekurangan Ban Tapak Lebar di Mobil

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Ban adalah sebuah perangkat yang berguna untuk menopang kendaraan. Baik itu untuk sepeda motor, mobil dan kendaraan yang lainnya. Ban juga bisa memberikan pengaruh kepada performa kendaraan.

Ukuran ban sangatlah  berapa sob. Untuk cara melihat ukuran ban adalah bisa dilihat pada dinding ban. Misalnya tertulis 185/65-R15. Berarti ban tersebut memiliki lebar 185 mm, dengan ketinggian tinggi ban 65% dari 185 mm dan berdiameter 15 inchi.

Nah, untuk itu, terkadang banyak orang mengganti ukuran bannya. Entah itu diameternya, ataupun lebarnya. Untuk mobil, biasanya penggantian ukuran ban diikuti dengan penggantian velgnya.

Untuk sobat yang ingin menggunakan velg aftermarket dengan ukuran standar. Namun, masih ingin menggunakan ukuran dimeter velg yang sama. Juga sedang mencari apa saja Kelebihan dan Kekurangan Ban Tapak Lebar di Mobil. Yuk kita bahas di artikel ini.

Kelebihan dan Kekurangan Ban Tapak Lebar di Mobil

Kelebihan Ban Tapak Lebar di Mobil

Kelebihan Ban Tapak Lebar di Mobil

Nah, yang pertama akan kita bahas Kelebihan Ban Tapak Lebar di Mobil. Yang pertama adalah traksi pada aspal yang lebih bagus. Semakin lebar tapak ban, maka traksi ke aspal akan semakin bagus.

Ada beberapa keuntungan untuk ini. Pertama, kita akan lebih percaya diri dalam melahap setiap medan jalan. Terutama jika melewati belokan dengan kecepatan yang lumayan tinggi. Tidak perlu khawatir ban akan selip.

Keuntungan kedua adalah kemanan. Kok bisa berpengaruh kepada keamanan. Dengan traksi yang semakin lebar maka ban tidak akan mudah selip. Apalagi kalau kita melakukan pengereman yang mendadak.

Kelebihan Ban Tapak Lebar di Mobil adalah pada tampilannya sob. Dengan mengganti tapak yang lebih lebar. Tampilan akar terlihat lebih garang dan juga berotot. Sebab, bila tapak ban tidak lebar, mobil akan terlihat kurus.

” Baca Juga : Ban Tapak Lebar Vs Ban Tapak Kecil (Cacing) “

Kekurangan Ban Tapak Lebar di Mobil

Kekurangan Ban Tapak Lebar di Mobil

Setelah kita membahas Kelebihan Ban Tapak Lebar di Mobil, mari kita beralih ke Kekurangan Ban Tapak Lebar di Mobil. Kekurangan Ban Tapak Lebar di Mobil pertama adalah mempengaruhi performa.

Tidak hanya performa mesin, ada beberapa komponen yang dipaksa bekerja lebih keras jika menggunakan ban tapak lebar. Tentu saja untuk akselerasi akan berkurang walaupun bisa dikatakan tidak terlalu banyak.

Ban yang memiliki tapak lebar biasa memiliki berat yang lebih berat. Tidak hanya itu, dengan traksi ke aspal yang lebar, maka memaksa untuk mesin mengeluarkan tenaga ekstra dibandingkan biasanya.

Tidak hanya akselerasi yang berkurang, tetapi juga membuat bahan bakar lebih boros. Kok bisa ? Karena membutuhkan effort yang lebih daripada biasanya. Maka kita akan menekan pedal gas lebih dalam. Hal itu akan membuat bahan bakar lebih boros. Apalagi jika digunakan dalam kondisi stop and go.

Kekurangan Ban Tapak Lebar di Mobil selanjutnya adalah berkurangnya radius putar. Semakin kecil radius putar sebuah mobil. Maka akan semakin mudah untuk digunakan putar arah dan sebagainya.

Nah, dengan mengganti ban tapak lebar pada mobil. Tentu saja akan mengurangi radius putarnya. Apalagi sobat mengganti ukuran lebarnya cukup banyak. Ban akan lebih mudah mentok ke fender alias spakbor dalam mobil.

Kekurangan Ban Tapak Lebar di Mobil yang terakhir tergantung pada jenis ban yang kita pilih sob. Bila kita menggunakan ban yang memiliki kualitas yang kurang bagus. Akan berpengaruh pada suara ban.

Semakin lebar tapak ban, maka akan semakin banyak gesekan ke aspal. Untuk ban yang memiliki kualitas yang kurang baik. Maka, akan membuat road noise dari ban yang membuatnya semakin brisik.

Namun, jika sobat menggunakan ban yang memiliki kualitas bagus tidak akan terlalu bermasalah. Atau bila mobil sobat memiliki peredaman kolong yang bagus. Juga tidak akan bermasalah. – RPMSUPER.COM – Kelebihan dan Kekurangan Ban Tapak Lebar di Mobil

Referensi : asapmobil.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here