Jenis-Jenis Motor Advanture, Ternyata Ada Banyak

    2
    Jenis-Jenis Motor Advanture

    RPMSUPER.COM – Sepeda motor adalah alat transportasi nomor satu yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Sepeda motor mempunyai banyak kekurangan dan kelebihan. Jenis-Jenis Motor Advanture

    Sepeda motor punya banyak  jenis dan macamnya karena pabrikan pabrikan sepeda motor menciptakan berbagai jenis motor yang disesuaikan oleh kebutuhan pengguna motor tersebut. Nah, tidak  semua orang membutuhkan motor yang hanya digunakan di aspalsaja. Maka, diciptakanlah motor-motor adventure.

    Banyak orang yang beranggapan motor adventure hanyalah motorcross dan motor trail saja, ternyata tidak. Motor adventure mempunyai banyak jenis dan banyak orang sudah salah kaprah dan termasuk penulis sendiri :mrgreen: . Untuk menambah wawasan kita dan untuk menghindari kesalahan penyebutan motor-motor itu lagi, saya akan menyajikan informasi tentang  beberapa Jenis-Jenis Motor Advanture.  Apa saja jenis motor apa itu tersebut langsung saja kita bahas check it out  😀

    Jenis-Jenis Motor Advanture

    1. Motocrossgambar motocross

    Jenis-Jenis Motor Advanture yang pertama adalah motorcross. Motorcross  adalah motor adventure yang paling sering digunakan mungkin karena motorcross ini digunakan untuk kompetisi track offroad dengan berbagai rintangan. Seperti batu, tanah berlumpur dan lain-lainnya. Motorcross diciptakan hanya untuk di medan non aspal karena tidak dilengkapi oleh kelengkapan kendaraan untuk memenuhi standar di jalan raya seperti lampu lampu sein, spion dll. Jadi motocross adalah motor full off-track atau off-road

    2. Moto Trail

    gambar moto trail

    Motor trail ini sebenarnya 11-12 dengan motorcross, tetapi motor trail ini sudah road-legal karena sudah dilengkapi dengan lampu spion dan panel-panel lainnya yang dibutuhkan agar digunakan di jalan raya. Juga bisa digunakan di jalan bertanah karena sama-sama menggunakan ban pacul atau bahan tahu.

    3. Dual Purpose Moto

    motor dual purpose

    Dual Purpose motorcycle adalah sepeda motor  yang digunakan untuk pemakaian offroad.  Sebenarnya motor ini juga 11-12 dengan motor trail bedanya motor ini tidak menggunakan ban garuk tanah, yaitu ban tahu hanya saja ban menggunakan ban semi trail. Yang berarti motor ini lebih ditujukan untuk melintas di jalan aspal, tetapi masih bisa melalui lajur off-road ringan seperti tanah kering dan sebagainya.

    4. Supermoto

    modifikasi supermoto

    Jenis-Jenis Motor Advanture selanjutnya Supermoto atau dikenal dengan sebutan supermotard, yaitu motor cross yang digunakan untuk jalan raya. Motor ini tidak menggunakan ban yang menonjol atau menggunakan ban yang sama digunakan oleh motor lain di aspal. Supermoto lebih ditujukan untuk dijalanan aspal dan kompetisinya dilakukan di atas medan aspal.

    5. Enduro Moto

    motor enduro

    Enduro motor 11-12 dengan motor Supermoto hanya saja motor ini bisa digunakan di Medan yang berat. Walaupun digunakan bebatuan dan bisa digunakan untuk petualangan jarak jauh. Mesin motor Enduro juga mempunyai kapasitas yang cukup besar mulai dari 125CC hingga ribuan cc. Namun karena untuk digunakan dalam digunakan untuk Medan yang terjal motor Enduro harus memiliki bobot yang ringan. Selain itu, motor Enduro juga didukung dengan suspensi yang sangat bagus untuk menunjang Medan yang terjal. Motor Enduro juga mempunyai fitur Street legal seperti lampu depan belakang dan rem dan juga dilengkapi dengan redam suara knalpot.

    6. Moto Trial

    moto trial

    Trial hanya digunakan untuk kompetisi skill pengendara melewati rintangan dan hambatan yang hampir tidak mungkin dilalui oleh sepeda motor biasa dan mungkin juga tidak akan ditemui dalam medan jalan raya maupun offroad biasa. Motor ini mempunyai dimensi yang sangat mini bahkan untuk tempat duduknya saja juga mini. Motor ini biasanya digunakan untuk menerjang Medan bebatuan dan hanya untuk pamer skill pengendara saja dan tentunya motor ini juga bukan Street legal karena tidak dilengkapi dengan panel panel yang dibutuhkan dijalanan.

    Last.. Sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat bagi kita semua agar menambah pengetahuan dan agar tidak salah dalam menyebut motor-motor itu lagi semoga bermanfaat. Jika ada kesalahan mohon dikoreksi untuk pembelajaran bersama – RPMSUPER.COM – JENIS-JENIS MOTOR ADVANTURE – 

    2 KOMENTAR

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here