Jenis-Jenis Aki Kendaraan

    0

    RPMSUPER.COM – Aki adalah otak kelistrikan dari sebuah kendaraan entah itu kendaraan roda dua hingga kendaraan beroda banyak. Aki berfungsi untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia.

    Yang akan digunakan untuk mensuplai 

    (menyediakan) listik ke sistem starter, sistem pengapian seperti ECU, lampu-lampu dan komponen komponen kelistrikan lainnya. Aki biasanya berbentuk balok. Nah, kali ini mari kita menambah wawasan kita tentang mengenali beragam jenis-jenis aki yang ada di sepeda motor mari kita mulai :

    • Aki Basah (Antimonial Battery)

    Aki basah adalah salah satu aki yang sering digunakan pada motor di Indonesia. Aki basah mempunyai cairan elektrolit/sulfida/asam sulfat di dalamnya. Sebaiknya rutin dicek untuk mengetahui ketinggian cairan. Apakah masih banyak atau sudah pada garis lower. Jika sudah pada garis lower, maka segeralah mengisi ulang aki pada lubang yang terdapat pada aki.

    Berfungsi untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia, yang akan digunakan untuk mensuplai (menyediakan) listik ke sistem starter, sistem pengapian, lampu-lampu dan komponen komponen kelistrikan lainnya.

    Aki basah mempunyai kelebihan, yaitu dari segi harga yang murah. Harga Aki ataupun cairan isi ulangnya mempunyai harga yang terjangkau. Namun, mempunyai kelemahan anda dituntut agar sering untuk mengecek ketinggian cairan dalam aki. Masa pakai aki lama dan juga memiliki tingkat self-discharge besar 0,8 hingga 1,0 % volume/hari.

    • Aki Hybird (Hybird Battery)

    Aki Hybird atau nama kerennya Hybird Battery adalah aki yang bentuk dan komposisinya hampir sama dengan aki basah atau antemonial battery. Yang menjadi pembeda hanyalah ada aki hybrid selnya menggunakan low-antimonial pada sel (+) dan kalsium pada sel (-).

    Aki jenis ini memiliki performa dan sifat self-discharge yang lebih baik dari aki basah konvensional. Namun, kelemahannya terletak pada self-discharge besar 0,5 hingga 0,6% volume/hari.

    • Aki Kalsium (Calcium Battery)

    Konstruksi hampir sama dengan aki hybird atau hybird battery dan aki basah atau antimonial battery. Namun, yang menjadi pembeda dengan kedua aki diatas hanyalah pada lempengan aki kalsium menggunakan kalsium pada lempengan grip kutub positif (+) dan kutub negatif (-).

    Aki jenis ini mempunyai kelebihan kinerja yang lebih baik ketimbang aki hybird dan aki basah di atas. Daya tahannya lebih lama atau panjang ketimbang dua aki diatas. Juga mempunyai self-discharge rendah yaitu 0,1 hingga 0,2 % voume/hari. Namun, aki kalsium juga mempunyai kekurangan, yaitu harganya lebih mahal ketimbag kedua aki diatas. 😀

    • Aki Bebas Perawatan (Maintaned Free (MF))

    Aki yang bebas perawatan atau maintanied free (MF) adalah sebuah jenis aki yang didesain khusus untuk menekan sekuat mungkin penguapan dalam aki. Walaupun menguap, cairan aki mengalami kondensasi sehingga kembali menjadi air murni yang menjaga level air aki selalu pada kondisi ideal.  Sehingga tak lagi diperlukan pengisian air aki. Aki jenis ini biasanya terbuat dari basis jenis aki hybrid maupun aki kalsium.

    Kelebihan dari aki bebas perawatan ini pastilah bebas perawatan, karena tidak perlu mengisi ulang cairang aki. Namun, kelemahannya aki menjadi sekali pakai dan harganya diatas dari harga aki kalsium. 😀

    • Aki Kering (Accu Sealed)

    Adalah aki yang menggunakan kalsium pada lempengan grid kutup positif dan dengaif dengan penyekat berbentuk jaring atau mat yang menyerap cairan elektrolit. Umumnya, berbentuk gel dengan kemasan aki yang tertutup rapat dan disegel. Tidak ada lubang untuk pengisian ulang karena tidak diperluakan. Ketika terjadi penguapan akan diserap kembali oleh jaring terbsebut. Sehingga, aki tidak mengalami penurunan jumlah gel dalam aki.

    Aki kering mempunyai kelebihan, yaitu bebas perawatan karena tidak perlu mengisi ulang cairan. Kinerja aki kering dan merupakan aki paling awet ketimbang jenis aki lain. Namun,  kelemahannya adalah harganya paling mahal diantara jenis aki yang sudah disebutkan diatas. Pamakaiannya juga cuma sekali kalau sudah soak atau rusak harus diganti dan juga tidak tahan akan suhu yang tinggi. 😀


    Last… jenis-jenis aki diatas adalah jenis aki yang saya ketahui ditambah dengan beberapa referensi yang ada diinternet jika ada kesalahan mohon komentar dan untuk menambah wawasan kita tentang aki.Sekian dari saya silahkan dikunyah-kunyah ,mohon kritik dan saran,Semoga berguna dan bermafaat 😀 – RPM- JENIS-JENIS AKI PADA KENDARAAN –

    Vote me on Voucher.id
    Automotive Blogs Award 2017

    1 KOMENTAR

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here