Indonesia Batal Gelar MotoGP

    7

    Indonesia Batal Gelar MotoGP

    RPMSUPER.COM – MOTOGP adalah salah perhelatan terakbar balapaan roda dua di dunia ini. Ajang ini selalu mampu menarik banyak sekali penonton. Pasti setiap sirkuit yang disambangi oleh pembalap-pembalap motoGP selalu penuh sesak penonton.

    Karena hypenya yang  selalu tinggi, banyak negara yang berlomba-lomba untuk menarik perhatian penyelanggara motoGP. Supaya, negaranya dapat masuk dalam kalender balapan motoGP.

    Berbeda dengan Indonesia, Dorna sebagai penyelenggara motoGP malah memberikan tawaran apakah mereka bersedia menjadi salah tuan rumah balap MotoGP. Memang berita ini selalu mendapatkan perhatian yang cukup besar, dikarenakan memang pecinta motoGP di Indonesia sangat besar.

    Indonesia Batal Gelar MotoGP ! Harapan akan menjadi tuan rumah motoGP perlahan-lahan terbuka setelah beberapa statement dan penandatnangan persutujuan untuk menyelanggarakan motoGP. Namun, saling lempar dari berbagai pihak membuat hal ini menjadi wacana.

    Pertama kali kita dengan rumor, Sentul salah satu sirkuit kebanggaan Indonesia akan menjadi tuan rumah gelaran ini. Sentul akan dirombak agar sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh motoGP. Hasilnya, yup nggak jadi bray :mrgreen:.

    Kemudian kita mendapatkan kabar selanjutnya, Gubernur Sumatra Selatan siap membangun sirkuit di Palembang. Sirkuit tersebut akan didirikan di sekitaran Jakabaring, Palembang. Mereka menyatakan siap menyelanggarakan motoGP di 2018. Yup, hanya siap saja tetapi tidak ada pergerakan yang berarti.

    Sirkuit Jakabaring Palembang
    Rencana realisasi sirkuit jakarbaring, Palembang

    Padahal saat Indonesia ditawari tawaran ini, ada negara lain yang memang benar-benar sudah siap. Salah satunya adalah Finlandia, mereka sudah siap secara infrastruk dan hal lainnya. Namun, pihak penyelanggara beranggapan di negara itu tidak terlalu banyak penggemar motoGP.

    Terakhir, kita mendapatkan kabar bahwa sirkuit untuk motoGP akan dibangun di daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sudah ada investornya, sudah mulai pembangunannya dengan melakukan pembebasan lahan. Rencananya seluas 63,019 meter persegi akan dibebaskan lahannya seperti yang dilansir indosport.com

    Indonesia Batal Gelar MotoGP
    Racangan sirkuit Lombok, NTB

    Yup, seperti yang sudah banyak orang duga Indonesia Batal Gelar MotoGP untuk 2018. Memang tidak ada pergerakan berarti dari negara kita. Hingga kesabaran penyelanggara motoGP habis. Padahal Indonesia sudah diberikan penawaran yang menarik dan beberapa kali diberi kelonggaran soal waktu. Jawabannya hanya siap saja :mrgreen:

    Memang tidak mudah dan murah untuk memangun sebuah sirkuit berkelas internasional. Apalagi standar sekelas balapan motoGP. Namun, setidaknya kita tidak perlu jumawa dengan mampu membuat statement menyelanggarakan motoGP pada 2018.

    Lebih baik, kita bilang belum mampu menjadi tuan rumah pada 2018. Namun, kita bersama melakukan pergerakan yang berarti hingga segala infrastruktur dan hal yang dibutuhkan sudah siap. Baru, kita menyatakan siap untuk menggelar ajang sebesar motoGP.

    Hasilnya ? Dorna sudah resmi menunjuk Thailand untuk menjadi salah satu tuan rumah motoGP. Yup, negeri dengan julukan Gajah Putih ini resmi ditunjuk dengan masa kontrak 3 tahun. Balapan di Thailand akan digelar pada 5 – 7  Oktober 2018.

    Sirkuit yang dipilih adalah internasional sirkuit, Buriram. Buriram memang salah satu sirkuit yang terkenal di kawasan Asia Tenggara, bahkan se-Asia. Buriram sering menggelar balapan bergengsi, seperti World Super Bike. Bahkan, mulai tahun depan mereka akan menggelar perhelatan motoGP.

    sirkuit buriram

    Thailand memang salah satu saingan yang sangat kuat untuk Indonesia dalam bidang otomotif. Mulai dari basis produksi brand sepeda motor, pembalapnya dan sekarang hingga perebutan sirkuit. Perlu diakui Thailand sudah mempunyai kapasitas untuk menggelar balapan besar hingga Indonesia Batal Gelar MotoGP. Tidak perlu banyak berita dan hype, tuan rumah motoGP bisa diraih dengan cukup cepat.


    Last.. Kita lihat saja bersama bagaimana perkembangan kedua sirkuit yang sudah direncakan. Harapan dari saya tidak dihentikan. Siapa tahu kalau dua sirkuit tersebut sudah selesai, Indonesia menggelar balap MotoGP dalam dua putaran 😀 . Semoga cepat berbenah karena balapan di Indonesia sudah semakin matang dan mulai dilihat di Indonesia. Sirkuit adalah salah satu prasarananya. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat – RPMSUPER.COM – Indonesia Batal Gelar MotoGP 2018 –

    Vote me on Voucher.id
    Automotive Blogs Award 2017

    7 KOMENTAR

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here