Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Menerjang Hujan

2
Lakukan Ini Setelah Menerjang Hujan

Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Menerjang Hujan

RPMSUPER.COM – Saat ini kita sudah memasuki musim hujan di Indonesia. Memang tidak semua orang berpergian suka dalam kondisi hujan. Untuk sepeda motor dan mobil juga dituntut ekstra waspada dalam berkendara.

Namun, ada  beberapa hal yang wajib dilakukan setelah berkendara dalam kondisi hujan bro. Seperti yang kita tahu, air hujan berasal dari sumber air yang beragam.

Hujan akan membuat kendaraan kita menjadi kotor. Bukan karena air yang datang dari langit. Melainkan air dari genangan yang ada di jalan. Apalagi genangan air tersebut kotor bisa membuat kendaraan semakin kotor.

Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Menerjang Hujan

cuci motor dan mobil

Ada baiknya jika kita mencuci kendaraan kita setelah kita pakai untuk menerjang hujan. Dengan melakukan hal ini setelah menerjang hujan kita akan dapat mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Nah, musuh utama bila komponen besi bertemu dengan air kotor adalah dapat menimbulkan karat. Karat sendiri sangat tidak bagus untuk komponen kendaraan karena akan membuat komponen kropos dan mengurangi nilai estetika.

Apalagi setelah sobat menerjang banjir di jalan. Pasti air yang masuk tidak hanya pada bagian bodi saya. Melainkan juga pada part yang tidak terlihat secara kasap mata. Namun, ada hal yang perlu dicatat bro.

Sebelum mencuci kendaraan ada baiknya menunggu suhu mesin turun terlebih dahulu. Apalabila langsung kita menyiram mesin yang masih panas dengan air malah akan membuat kondisinya semakin parah.

Selain mencuci dalam keadaan dingin. Ada baiknya segera dikeringkan dengan lap chamois atau kita kenal dengan kanebo. Jika sobat malas mencuci secara keseleuruhan. Cukup cuci pada bagian yang kotor saja. Sedangkan untuk yang lain cukup dengan disemprot dengan air bertekanan tinggi.

Namun, untuk sepeda motor harus berhati-hati sobt dalam menyemprot air bertekanan tinggi. Pada bagian vital seperti tangki (untuk motorsport), juga pada sekitar ruang mesin agar tidak semprot dengan air bertekanan terlalu tinggi. Disebabkan area tersebut berkaitan pada benda elektronik. Ya walaupun para desainer motor sudah mendesain agar lebih aman, tetapi tidak ada salahnya berhati-hati bro.

So sekian artikel kali ini. Ada baiknya kita mencegah daripada mengobati. Semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua 😀 – RPMSUPER.COM -Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Menerjang Hujan –

Facebook Comments

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here