Gesits Motor Listrik Indonesia

 

g2

RPMSUPER.COM – SEPEDA MOTOR sebagai alat transportas nomor satu di Indonesia terus mengalami perkembangan yang pesat dari tahun ke tahun mengikuti perkembangan zaman dan teknologi yang semain canggih. Berbeda dengan motor-motor pada zaman dulu yang mengutamakan efisiensi.

Berbeda dengan motor dewasa ini yang  semakin futurik, canggih, tetapi masih bisa mengusung segi efisiensi. Selain dikembangkan teknologi yang dapat menghemat penggunaan bahan bakar minyak, tetapi beberapa produsen kendaraan bermotor sudah berhasil menciptakan sepeda motor dengan bahan bakar alternatif seperti, gas, listrik.

Anak Indonesia tentunya tidak mau kalah dengan orng asing dalam berlomba-lomba menciptakan teknologi terbaru untuk kepentingan masa depan kita. Salah satunya Garansido Group dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil menciptakan sebuah sepeda motor bertenaga listrik (menggunakan baterai).

Produk yang mereka lahirkan diberi nama GESITS (Garansindo Electric Scooter ITS). Mereka sudah memperkenalkan produk prototipe mereka pada beberapa bulan yang lalu (IMHOO) di Kota Surabaya. Rencananya, produk ini akan diproduksi masal pada tahun 2017 dan dijual bebas pada tahun 2018 mendatang 😀 .

Mungkin karena persebaran sepeda motor listrik di Indonesia belum banyak mereka juga harus menyiapkan sarana pendukung agar produk sepeda motor listrik ini bisa diterima dan digunakan oleh masyarakat Indonesia. Contohnya, mereka berkerja sama dengan sejumlah minimarket dan SPBU untuk mnejual atau penggantian baterai yang sudah habis dengan baterai yang terisi penuh.

Tidak lucu jika kita lupa mengisi ulang daya baterai malah berhenti di tengah jalan karena lowbatt :mrgreen: . Mereka juga sedang melakukan riset lagi agar motor ini bisa beradaptasi jika digunakan di jalan Indonesia. Ditembuhlah jarak 5 – 10.000 kilometer guna pengujian dan penyempurnaan disegala medan dan cuaca. Garansindo juga mempersiapkan basis manufaktur dan pemasaran. produk.

g1

 

Hebatnya lagi, sepeda motor ini adalah hasil karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan menyerahkan hasil mereka kepada Garasindo Group untuk produksi masal. Tidak perlu khawatir akan meniru sana-sini, karena perangkat yang ada mulai dari jeroan skuter listrik ini menggunakan merek Iquteche yang sudah dipatenkan oleh ITS. Sistem penyaluran tenaga, sampai aplikasi android yang menjadi panel meter pada prototipe ini merupakan hasil karya ITS.

Power dari motor ini juga tidak bisa diremehkan bro. Si-Gesits ini mempunyai tenaga listrik dengan daya motor 5KW. Dibekali baterai lithium ion, dapat melahap jarak sejauh 80 km – 100 km untuk satu kali pengisian baterai. Kebutuhan waktu pengisian baterai sekitar 1,5 – 4 jam, menggunakan colokan rumahan. Sedangkan dengan charger khusus, hanya butuh waktu sekitar 30 menit saja. Untuk keceptaannya diklam mampu mendapat top speed sebesar 100km/h atau setara dengan motor stukik berkubikasi 125 CC.

g4

 

Untuk fitur juga tidak bisa diragukan, contohnya pada bagian speedometer dapat terkoneksi dengan android atau perangkat pintar lainnya. Pengguna dapat memantau motor dari jauh. Selain itu juga,  terdapat fitur-fitur safety untuk motor.  Untuk tampilannya ? Tidak perlu ditanyakan bro. Secara sekilas sudah terlihat garang seperti pada motor zaman sekarang, tajam dan dinamis.

Headlamp lancip, dengan lampu sein tampel, dikawal dengan ban dan velg yang berukuran gambot (untuk ukuran stuik). Di sektor pengereman mengusung rem cakram pada bagian depan belakang. Mungkin kekurangannya terletak pada bobotnya yang mencapai 160kg, mungkin karena ukuran baterai dan lainnya yang berat.

g6

 

Untuk harga ? Inilah salah astu keunggulaan utama produk dalam negeri. Rencananya harga si Gesits ini akan dibandrol pada kisaran harga Rp 15 – 20 juta saja. Setara dengan motor matic yang menggunakan bahan bakar minyak. Jauh bila dibandingkan harga motor listrik buatan asing yang bisa mencapai ratusan juga (walaupun dari segi teknologi masih menang produk asinh).

Harga yang relatif murah ini bisa didapat karena sebagian besar part yang digunakan pada motor ini adalah produk buatan lokal (indonesia), hanya pada bagian baterai saja yang masih mengimpor dari negara sakura, Jepang. Karena masih prototip bagian seperti rangka/sasis dibuat dengan tangan (handmade).

LAST… DIHARAPKAN sepeda motor ini dapat diterima dimasyarakat Indonesia guna mengurangi polusi udara yang sudah parah ini (karena motor listrik tidak memiliki emisi) dan juga untuk menghemat cadangan minyak yang ada, terlebih ini adalah produk buatan dalam negeri. Semoga juga tidak dibawah apa yang diekspektasikan masyarakat. Sekian RPM mohon unduru diri semoga berguna dan beramnfaat 😀 .  – RPM – RPSMUPER – RPMSUPER.COM – RPMSUPER.NET

REFENSI : jpnn.com, otomotifnet.com,

g3

g8

g5

g7

 

Kunjungi juga :

Facebook Fanspage RPMSUPER - Untuk Daily update tentang dunia Otomotif.

OtoBlade.com - Untuk info seputar dunia mobil.

RPMSUPER - AutoChanel - Untuk video seputar dunia otomotif.

Otoblade.com instagram - Untuk Daily Update tentang Mobil.

Instagram pribadi saya - Untuk info tentang dunia otomotif.

www.miranto.id - untuk diluar berita otomotif.

Kontak RPMSUPER.COM - Juga selalu tersedia 😀

 


Baca juga bray

Review Wuling Confero S by RPMSUPER

Be the first to comment

Masukan komentar Anda