Ganti Per dan Kampas Kopling

61
Ganti Per dan Kampas Kopling

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Kopling adalah kesatuan perangkat yang ada disebuah kendaraan, khususnya untuk yang bertransmisi manual. Pada motor juga akan dialami masa jangka waktu ganti Per dan Kampas Kopling.

Lalu kapan waktu  mengganti Per dan Kampas Kopling yang tepat ? Bagaimana tips pasang Per dan Kampas Kopling yang berlabel racing ?

Ganti Per dan Kampas Kopling

Mengganti per dan kampas kopling ada baiknya dilakukan dalam waktu yang bersamaan bray. Sebab, kedua perangkat ini bekerja juga dalam waktu yang sama. Kemungkinan mereka memiliki tingkat keausan yang sama.

Apabila kita hanya mengganti kampasnya saja, alias masih menggunakan per yang lama. Kemungkinan akan terjadi slip kopling. Sebab, kekuatan per koplingnya tidak cukup untuk menekan kampas kopling yang baru. Pun juga sebaliknya.

Buat sobat yang belum tahu gejala kopling yang sudah aus bisa mampir di artikel lama di rpmsuper.com. Buat sobat yang mengeluhkan akselerasi motor sobat menurun. Langkah paling mudah adalah dengan mengganti dua perangkat ini.

Baca Juga : Ciri-Ciri Kampas Kopling Yang Aus

Jika sobat tidak merasa ada yang kurang pada akselerasi motor. Khususnya sobat yang membeli motor dari kondisi baru. Pasti tahu bagaimana performa yang asli dari motor sobat. Bisa menggunakan per dan kampas kopling yang asli.

Kapan waktu ganti per dan kampas kopling ? Setiap motor berbeda-beda bray. Sebab, kebiasan dari pengendara, brand dan produk juga pada trek yang dilalui sangat mempengaruhi seberapa cepat tingkat keausan per dan kampas kopling.

Biasanya jangka waktu ganti per dan kampas kopling disarankan pada 30.000 km. Bisa juga dipakai hingga 50.000 km. Dengan catatan penggunaan normal dan tidak terjebak dalam kemacetan terlalu sering.

Baca juga review per dan kampas kopling honda tiger dengan merk racing.

Pasang Per & Kampas Kopling Racing Honda Tiger

Kampas dan Per Kopling Racing

Nah, buat sobat yang ingin meningkatkan akselerasi motor adalah bisa menggunakan barang berlabel racing. Pasang per dan kampas kopling merk racing sebenarnya gampang-gampang sulit.

Ada baiknya kita menggunakan per dan kampas kopling racing dari merk yang sama. Malah biasanya, dalam beberapa brand sudah menyiapkan paket komplit dari produk mereka. Tujuannya agar mendapatkan performa yang maksimal.

Sarang utama apabila hendak menggunakan per dan kampas kopling racing adalah memakai produk yang asli. Sekarang sudah banyak beredar barang palsu yang menggunakan dari sebuah brand.

Sebelum pasang kampas kopling yang kita beli. Ada baiknya direndam semalaman atau seharian sebelum dieksekusi. Tujuannya adalah untuk menghindari pengikisan kopling karena masih terlalu kering.

Nah, jika menggunaka kampas dan per kopling racing masih kurang nendang. Bisa menggunakan rumah kopling 6 kaki. Artikelnya bisa dibaca di link di bawah. Tapi, nantinya ditakutkan tuasnya akan menjadi super berat dan kabel kopling rawan putus.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Kopling 6 Kaki

Buat sobat yang ingin cari referensi produk yang bagus bisa mampir ke sini. Di sana disebutkan apa saja brand yang direkomendasikan. Juga beserta estimasi harganya untuk beberapa motor.

Yang perlu dingat adalah dengan Ganti Per dan Kampas Kopling tidak akan menambah top speed atau kecepatan maksimal motor. Namun, akan menambah akselerasi pada motor yang memungkinkan untuk merah kecepatan maksimal lebih cepat.

Pun bil terjadi kenaikan top speed tidak akan terjadi secara signifikan. Hal tersebut terjadi karena gesekan kopling yang sempurna hingga membuat tidak banyak tenaga yang terbuang secara sia-sia. RPMSUPER.COM

61 KOMENTAR

  1. saya baru ganti kampas dan per kopling merek TDR, dan pedal pransmisinya jadi keras bgt. kalo pernya saya gabung sama yang standar gimana ya? kan ada 6 tuh pernya, jadi saya selang-selingin yg standar sama yang TDR. itu bisa atau gmn bro? atau malah jadi rusak?

    • Udah ganti rumah kopling 6 kaki ya bro ? Saya yang 4 per aja udah lumayan apalagi situ yang pake 6 per :mrgreen: .Saran sih kalau ganti sekalian aja ,kan kalau merk lain materialnya bisa beda dan ketahanannya beda ,kalau gitu malah bisa membuat salah satunya cepat kendur 😮

  2. Untuk new vixion.. kampas dan per kopling disarankan pake apa.. tlg ya sama sebut merk nya.. biar detail klo saya mau ganti.. yg jelas untuk harian aja..

  3. Saya baru aja ganti rumah kopling TDR yg 6 per kampas kopling ori yamaha jupiter burhan…pada saat ditarik handlenya kok bunyi ya??
    Apa karena adaptasi atau salah pemasanganya gan?

    • tergantung sih bro. Sebenarnya standar sudah cukup untuk harian. Tinggal bagaimana karakter berkendaranya

  4. Mau tanya sama agan2 yg sdh pengalaman .cara pasang per kupling itu pasang baut nya apakah masang baut nya harus sampai kencang atau gimana ya .soal nya syh coba2 pasang sndiri ,tp kupling ko jg pungsi ya .ngeplos ..bagi tip nya dong .trimakasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here