Ganti Per dan Kampas Kopling Tingkatkan Akselerasi !

koplingRPMSUPER.COM – Motor yang mempunyai tenaga yang besar tak akan terasa tenaganya. Bila tidak didukung beberapa part yang mendukung, seperti kampas dan per kopling yang memumpuni. Kopling bertugas untu menyalurkan dan memutuskan tenaga dari mesin menuju gear motor. Sedangkan per kopling, berguna untuk menekan kampas kopling.

Nah, kali ini RPM ingin berbagi cara mudah  meningkatkan akselerasi motor Anda semua. Caranya mengganti kampas dan per kopling. Menggantinya tidak  perlu yang berlabel racing, namun dapat menggunakan part motor lain dan diklam lebih awet daripada merk racing.

Mengganti kampas kopling dengan label racing diklaim dapat meningkatkan akselerasi dari kampas standar.  Dikarenakan kampas kopling racing mempunyai lebih banyak buku-buku dipermukaannya dan ketebalan buku itu juga lebih tebal. Namun, didesain lebih soft agar cengkraman kampas kopling lebih terasa 😀 .

kampas kopling

Karena didesain lebih soft kampas kopling ini memiliki lifetime yang lebih pendek dibanding kampas kopling standar. Memang lebih diarahkan untuk meningkatkan performa motor.

Jika sobat tidak mau mengambil dengan label racing sobat bisa kanibal dengan motor lain . Untuk Yamaha biasanya kampas kopling Yamaha Scorpio. Sedankgna Hond,a biasanya Honda Tiger. Lalu untuk Suzuki biasanya Suzuki Satria Fu dan Smash .

Nah, untuk per kopling sebaiknya sobar mencari yang lentur bukan keras. Jika memilih yang keras. Usahakan hanya satu atau dua tingkat kekerasan dari per kopling standar, karena jika terlalu keras dapat membuat rumah kopling rusak 😮 . Agar lebih kerasa pilih 2-3 mm lebih tinggi dari per kopling standar.

per kopling

Per kopling yang lentur dan agak keras dapat menekan kampas kopling secara optimal. Memmbuat daya dari mesin tersampai dengan sempurna tanpa ada gejala selip kopling. Namun, mengganti per kopling racing tetapi menggunakan kampas kopling standar akan mengakibatkan cepat aus si kampas kopling. Sebaliknya, jika menggunakan kampas kopling racing tetapi per kopling masih standar dapat mengakibatkan selip kopling.

Penggantian dua part ini dipercaya dapat meninggkatan akselerasi motor 😀 . Ingat akselerasi bukan top speed. Kecepatan menuju top speed bisa dicapai lebih cepat dibanding kampas kopling standar 😀 . Tapi, jika hanya menggunakan salah satu saja akan meyebabkan seperti yang telah saya sebutkan diatas dan yang paling terasa adalah handle kopling menjadi lebih keras 😀 .

Oh iya, jangan lupa pilih bahan dan material yang berkualitas agar lifetimenya lebih lama dan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dan performa motor prima. Untuk mengganti kampas kopling usahakan sebelumnya sudah direndam dengan oli dulu agar bisa langsung maksimal tanpa harus mengikis beberapa mili lapisan kopling:D .

Last…artikel ini hanyalah opini dari RPM namun atas beberapa sumber yang bisa dipercaya kebenarannya ,mungkin ada sobar yang mau sharing hasil dari menggunakan kedua part ini ? monggo dishare di komentar 😀 .Sekian mohon undur diri ,semoga berguna dan bermanfaat 😀 – RPM – RPMSUPER.COM

Sosial Media : Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM Twitter : klik di sini Instagram : klik di sini Email : klik di sini Google + : klik di sini Youtube channel : Klik Di sini Another blog : Miranto.id ( health and fitness )  lapak rpmsuper

Baca juga bray

54 Comments

Masukan komentar Anda