Fungsi Tutup Pentil ( Valve Cap )

2

pentil

RPMSUPER.COM – Sepeda motor memiliki banyak sekali perangkat mendukung entah itu perangkat yang vital keberadaan dan perangkat yang biasa dan kadang disempelekan keadaannya. Ada dimensinya yang besar adapula dimensinya kecil.

Salah satu perangkat yang  berdimensi kecil yaitu tutup pentil ban. Keberadaannya sangat tidak diakui oleh beberapa orang karena bentuknya kecil dan rawan hilang (apalagi kalau tutup pentilnya berbentuk unik :mrgreen: ). Mungkin belum mengetahui fungsi tutup pentil .

Pada kesempatan kali ini RPM ingin membahas tentang fungsi dari tutup pentil ini dan mungkin beberapa orang sudah tahu fungsinya. Namun,tidak ada salahnya jika kita bahas disini 😀 . Cekibroot

1.Fungsi Estetika

pentil (1)

Yang pertama adalah fungsi keindahan. Pentil yang tanpa penutup akan mengurangi tampilan motor, tetapi dengan penutup pasti akan lebih menarik dan tidak mengurangi tampilan motor 😀

2.Mengurangi Kebocoran Pentil

Jika pentil mengalami kebocoran maka akan mengeluarkan udara/nitrogen yang ada di dalam ban. Nah, dengan adanya tutup pentil. Jika terjadi kebocoran pentil akan mencegah angin keluar secara drastis .

3.Melindungi dari Kotoran

Fungsi lain dari tutup pentil, yaitu untuk melindungi pentil dari kotoran ,debu ,air ,lumpur dan sejenisnya yang dapat masuk ke dalam pentil. Ataupun hal lain yang akan membuat sealnya aus / getas dan korosi pada pentil  yang akan menyebabkan tekanan ban menurun yang dapat berakibat handling menurun dan konsumsi BBM bisa lebih boros.  Jika ada tutup pentil atau valve cap maka akan melindungi pentil dari kotoran, debu atau sejenisnya yang hendak masuk ke dalam pentil ban .

Diluar hal itu tutup pentil harganya memang terjangkau, ditambah sekarang sudah banyak bentuk dan modelnya. Yang harus diperhatikan adalah tutup pentil sesuai dengan pentil dan tidak memiliki lubang pada badan tutup pentil .


Last.. Ternyata dibalik bentuknya yang mungil dan harga yang murah. Tutup pentil memiliki fungsi yang cukup berperan dalam kenyamanan berkendara dan estetika tampilan motor. Sekian artikel minggu ini, semoga berguna dan bermanfaat bagi semua .  RPM – RPMSUPER – RPMSUPER.COM –

Vote me on Voucher.id
Automotive Blogs Award 2017

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here