Fungsi Punuk di Wearpack MotoGP

punuk pak dhe rossi

RPMSUPER.COM – MOTOGP adalah salah satu balapan yang populer di muka bumi ini, dengan jumlah fans yang tidak bisa dibiang sedikit. MotoGP disukai, karena menampilkan banyak teknologi tinggi di masing-masing kuda besi pembalap dan juga aksi-aksi memikat para pembalap MotoGP.

Sering kita lihat jika  pembalap-pembalap menggunakan peralatan penuh untuk melahap tiap balapan. Seperti yang kita tahu, MotoGP mempunyai resiko yang sangat tinggi hingga beresiko nyawa melayang. Tentu, pembalap MotoGP mengetahui resiko itu dan menggunakan perlengkapan balap dari helm, wearpack hingga sepatu untuk melindungi mereka dari resiko cedera.

Salah satu perangkat wajib yang digunakan pembalap adalah racing suit atau wearpack, karena wearpack akan melindungi atau mengurangi resiko cedera saat terjadi crash atau kecelakaan. Bila kita lihat secara teliti, pada racing suit pembalap motoGP terdapat benda yang berbentuk seperti ‘punuk’ di belakang.

Sebenarnya punuk diwearpack tidak hanya dimiliki pembalap motoGP, tetapi pembalap motor yang lain juga menggunakannya. Pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas punuk diwearpack pembalap motoGP. Fungsi Punuk di Wearpack MotoGP.

Apakah fungsi dari punuk tersebut ? Apa yang ada di dalamnya ? Nah, kebetulan RPM ingin membahas bersama sobat semua tentang Fungsi Punuk di Wearpack MotoGP setelah melalui riset dan penelitian panjang (di google coy :mrgreen: ) Yuk kita bahas bersama.

Umumnya orang-orang mengetahui sebagai tempat air minum untuk para pembalap, bisa dilihat dari selang kecil yang dihubungkan ke helm pembalap. Jadi, pembalap bisa meminum air yang tersedia jika merasa haus, karena tiap pembalap harus membalap dalam waktu lebih dari setengah jam.

Di dalam punuk juga tersimpan beberapa media elektronik yang digunakan untuk menunjang kenyamanan, dan keselamatan bagi pembalap saat balapan. Pasti kita tahu jika wearpack yang digunakan pembalap motoGP terlihat tebal yang membuat pembalap kepanasan.

Tapi, di dalam wearpack terdapat radiator atau pendingin air seperti pendingin sepeda kendaraan bermotor, fungsinya juga sama yaitu membuang panas dengan memompa angin di sekitar badan pembalap, dan menurunkan suhu air yang ada di dalam punuk tersebut.

Letaknya yang berada di punggung pembalap juga dapat melindungi pungggung dan leher pembalap saat terjadi kecelakaan,terlebih jika jatuhnya meluncur bebas dari motor bisa-bisa membuat leher patah atau punggung pembalap bergesekan secara langsung dengan aspal.

Kembali ke teknologi yang ditanamkan di racing suit pembalap, sekarang juga sudah ditanamkan teknologi air bag seperti yang ada di kendaraan roda 4. Di dalam punuk ditanamkan sebuah chip yang dapat membaca 45 milisekon sebelum terjadinya crash. Saat pembalap mengalami crash, air bag akan mengembang selama 5 detik demi keamanan pembalap.

Airbag di wearpack motoGP
Airbag di wearpack motoGP

Mengapa hanya 5 detik ? Karena jika pembalap masih mampu melanjutkan balapan,air bag setelah 5 detik mengembang akan mengempis kembali seperti sedia kala agar nyaman digunakan kembali.

Tak hanya air bag yang ditanamkan di dalam punuk wearpack,tetapi juga chip yang ditanamkan di dalamnya. Fungsinya beragam, seperti untuk mendapatkan data-data dari pembaalap seperti lap time karena terhubung langsung dengan GPS, akselerasi dan jarak mpengereman juga bisa diketahui. Yang menarik,  karena kompatibel dengan Google Earth sehingga bisa merencanakan dan melihat racing line lewat sebuah peta kecil.

Fungsi Punuk di Wearpack MotoGP
Chip di punuk wearpack


Last..jika dilihat memang bentuknya sederhana,tetapi jika dilihat secara keseluruhan mempunyai fungsi yang banyak dan perangkat pendukung yang tidak sedikti.Membuat racing suit atau wearpack mempunyai harga yang tidak murah dan tergolong fantastis,tetapi itu terbayarkan dengan teknologi yang hebat dan pembarian tingkat keselamatan yang cukup tinggi untuk pembalap.Sekian mohon undur diri,jika ada kesalahan mohon dikoreksi,semoga berguna dan bermanfat ?  – RPM – RPMSUPER – RPMSUPER.COM – Fungsi Punuk di Wearpack MotoGP  –

Baca juga bray

10 Comments

Masukan komentar Anda