Fungsi Lain dari Kaca Spion

spion

RPMSUPER.COM –Β Spion adalah salah satu perangkat yang sudah tersedia dari pabrik dan selalu ada kehadirannya. Namun, kehadiran nya dianggaP sebagai penggangu kenyamanan berkendara bagi beberapa riders. Sayangnya, spion memang perlu dan penting untuk keselamatan berkendara terutama saat kita hendak mendahului kendaraan lain atau berbelok ke suatu gang dll .

Sebenarnya fungsi spion adalahΒ Β untuk mengetahui aktifitas kendaraan yang berada di belakang kita. Tentunya membuat anda melihat ke belakang. Β Jika ada yang ingin mendahului kita, kita akan lebih tahu dan bisa memberikan jalan untuk pengendara yang ingin mendahului tersbeut sehingga akan mengurangi faktor kecelakaan.

Cara yang aman untuk melihat pegendara di belakang kita dengan melihat sesekali ke spion dan untuk posisi spion harus di atur terlebih dahulu sebelum mengendara sehingga jarak pandang ke belakang akan pas. Spion yang disediakan pabrikan sudah sesuai dengan luas pandangan mata dan kendaraan. Namun terkadang malah disebut spion kuping gajah karena bentunya yang besar :mrgreen: .Tapi menurut RPM spion fungsinya bukan hanya untuk itu namun masih ada beberapa fungsi lain dan mungkin sobat RPM ada yang sudah mengetahui fungsi tersebut. Yuk kita bahas πŸ˜€

  • Patokan

Spion bisa menjadi patokan kita saat hendak masuk kedalam gang sempit. Saat kita hendak medahului kendaran lain. Karena panjang sion didesain lebih lebar dibanding stang moto sendiri. Coba saja lihat pada spion motor Yamaha Mio ini :

Jadi kalau spion masuk pasti motor dan penumpangnya pasti masuk seperti mobil. Kecuali, motor sobat RPM sudah menggunakan footrest, engine guard dan frame slider yang yang agak panjang πŸ˜€ akan berbeda lagi ceritanya πŸ˜€ .

  • Memantulkan Cahaya

Yup, memantulkan cahaya dari lampu kendaraan lain yang berada dibelakang kita. Pantulan cahaya ini juga bisa menjadi sekaligus signal kepada kita. Contoh saat kita hendak didahului melihat pantulan cahaya lampu kendaraan lain kita akan sedikit ke pinggir. Contoh lain saat kita yang hendak mendahului, pengendara yang melihat pantulan cahaya motor kita akan mengurangi kecepatan dan mempersilahkan untuk didahului (biasanya πŸ˜€ )

  • Menambah Keren TampilanΒ πŸ˜€

Spion kadang juga mendongkrak tampilan motor kita, karena sekarang ini model, jenis dan bentuk spion sudah sangat beragam. Sebagai contoh spion lipat dan spion jalu (yang berada dijalu stang ). Namun, jangan memilih spion yang terlalu kecil dan kacanya menggunakan kaca datar karena object yang dibelakang akan tidak terlihat .

Ada sedikit tips tambahan untuk penggunaan spion nih πŸ˜€ . Sesuaikan dengan dearajat yang dibutuhkan jangan terlalu jauh dan jangan terlalu dekat agar object yang ada dibelakang terlihat. Pilih ukurang jangan yang terlalu kecil dan besar. Kalau bentuknya kecil pilihlah yang menggunakan kaca cembung agar objek bisa terlihat secara penuh di spion πŸ˜€ .

Last… Artikel tentang fungsi lain dari spion dan sedikit tips tentang pengaturan spion ini hanyaalh opini dan hanya berkutat dipikiran dan wawasan RPM yang masih sempit ini,jadi jika masih ada tolong sobat tambahkan πŸ˜€ .Sekian dari saya silahkan dibaca-baca,mohon komentarnya.Semoga berguna dan bermanfaat πŸ˜€Β (RPMSUPER.cOM) >> RPM .

 

Kunjungi juga :

Facebook Fanspage RPMSUPER - Untuk Daily update tentang dunia Otomotif.

OtoBlade.com - Untuk info seputar dunia mobil.

RPMSUPER - AutoChanel - Untuk video seputar dunia otomotif.

Otoblade.com instagram - Untuk Daily Update tentang Mobil.

Instagram pribadi saya - Untuk info tentang dunia otomotif.

www.miranto.id - untuk diluar berita otomotif.

Kontak RPMSUPER.COM - Juga selalu tersedia πŸ˜€

 


Baca juga bray

Review Wuling Confero S by RPMSUPER

26 Komentar

Masukan komentar Anda