First Impression Mitsubishi Xpander Ultimate

3
First Impression Mitsubishi Xpander Ultimate

First Impression Mitsubishi Xpander Ultimate

RPMSUPER.COM – MITSUBISHi XPANDER adalah produk baru yang baru dilaunching oleh pihak Mitsubishi Indonesia. Awalnya mobil ini dikenalkan ke publik dengan nama Mitsubishi XM Concept. Dari konsep saja mobil ini langsung menyita banyak perhatian para pecinta otomotif di Indonesia.

Tidak berbeda setelah  XM Concpet dihadirkan dengan nama Xpander, dunia otomotif Indonesia juga semakin terbuka terhadap kedatangan mobil yang satu ini. Mitsubishi Xpander ini adalah mobil yang akan bertarung di kelas LMPV yang notabene sudah banyak sekali pesaingnya.

Lalu, apa senjata yang diberikan oleh pihak Mitsubishi agar Xpandernya bisa berbuat banyak ? Namun, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang First Impression Mitsubishi Xpander Ultimate. Yang akan kita bahas hanya pada spesifikasi fisik saja. Unuk performa dan lainnya saya belum bisa merasakan.

Eksterior Mitsubishi Xpander Ultimate

kelebihan dan kekurangan mitsubishi xpander

Inilah yang menjadi daya tarik utam dari Mitsubishi Xpander. Hadir dengan tampilan yang sangat futuristik dan membuat kita lupa kalau molbil ini adalah mobil LMPV yang bersaing dengan Avanza, Ertiga dan sebagianya. Memang secara selera tidak semua orang menyukainya. Kita bisa menemukan garis desain Mitsubishi Pajero Sport pada bagian depan. Bukan hal yang mengeherankan karena keduanya sa,a-sama menggunakan basis desain terbaru dari Mitsubishi, yaitu Dynaic Shield.

Pada sisi depan kita aka menemukan lampu yang bertumpuk-tumpuk mirip denagn Nissan Juke. Namun, secara tampilan Xpander ini lebih proporsional dan lebih enak dipandang mata. Pada lampu paling atas terdapat lampu senja, Mitsubishi menyebutnya dengan istilah LED Positioning lamp.

Kemudian dibawahnya ada lampu utama yang “sayangnya” masih menggunakan lampu halogen dengan multireflektor. Di bawanya juga terdapt lampu signal turn. Terakhir, pada bagian paling bawah kita akan menemukan lampu kabut. Tidak berbeda dengan lampu utama, sama-sama menggunakan lampu halogen juga.

Pada bagian gill terdapat tiga bilah dengan warna chrome doff dan emblem Mitsubishi dengan warna yang sama pula. Dari samping kita bisa menemukan garis bodi dari tengah hingga menyambung ke bagian stoplamp. Pada bagian pilar C tidak dipisahkan antara bodi samping dan bodi belakang. Jadi pada bagian ini dibuat menyambung.

Pada bagian belakang juga tidak kalah ciamkik dengan bagian depan. Pada bagia belakang sudha dilengkapi dengan lampu LED bar untuk lampu sejanya. Sedangkan untuk lampu rem, signal turn dan mundur masing mengandalkan lampu bohlam biasa. Pada bagian bawah kita akan menemukan reflektor.

Pada sisi belakang disayangkan tidak ada sensor parkir, begitu juga pada bagian depan. Namun, untuk tipe ultimate tidak terlalu menjadi masalah karena sudah terdapat dengan kamera mundur yang sudah terindegrasi dengan head unit. Untuk ketebalan bodi sendiri juga tidak setebal kometitor yang dari negeri China. Selain itu, built quality pada bagian luar juga “kurang sedikit” rapi.

Kaki-kaki dan Suspensi Mitsubishi Xpander

kaki-kaki mitsubishi xpander

Untuk tipe ultimate, Xpander menggunakan velg berdiameter 16 inchi yang notabene salah satu yang terbesar dikelasnya. Sedangkan untuk tipe GLX dan GLS menggunakan velg ukuran 15 inchi. Velg ini menggunakan perduan dua warna atau two-tone polis. Kombinasi tersebut adalah warna hitam dan sliver.

Profil bannya sendiri juga cukup lebar, yaitu 205/55. Karena menggunakan velg 16 inchi, Xpander menjadi salah satu LMPV yang memiliki ground clearance yang tertinggi. Jarak terendahnya dengan tanah adalah sebsar 205 mm. Untuk jarak sumbu rodanya adalah sepanajgn 2.275 mm.

Beralih pada bagian suspensi. Suspensi yang digunakan oleh Mitsubishi Xpander dengan Mitsubishi Lancer adalah sama. Hingga memmungkinakan Mitsubishi Xpander memiliki peredam kejutan selembut mobil sedan. Tipe suspensi depannya adalah Macpherson strut coil spring. Sedangknya pada bagian belakang menggunakan tersion beam.

Interior Mitsubishi Xpander

interior mitsubishi xpander

Untuk varian ultimate, Mitsubishi menghadirkan warna dominan beige. Pada bagian dashboard terdapat tiga kombinasi warna. Warna hitam doff, beige danjuga ada tambahan wood panel. Kombinasi warnya ini juga digunakan pada doortrim mobil ini. Semua materialnya masih menggunakan bahan hard-plastic. Walaupun begitu, kualitas kompnen yang digunakan masih bagus dan solid. Berbeda dnegan bagian depan yang memilii bulit quality yang kurang rapi. Pada bagian interior bulit quality dan fit finishingnya bisa dibilang rapi.

Karena mobil ini cukup panjang. Kelegaan kabin dari mobil ini salah satu yang bisa diandalkan. Jika diatur dengan baik, masing-masing penumpang masih akan mendapatkan ruang kaki dan ruang kepala yang cukup memadai. Untuk penumpang bagian tengah, terdapat dua buat head-rest, sayangnya penumpang bagian tengah tidak mendapatkan head-rest. Tapi, hal itu dibayar dengan adanya arm-rest dengan ukuran yang cukup besar.

Pada tempat duduk baris ke-tiga memang masih bisa dikatan lega. Tapi, saya rasa kurang cocok digunakan oleh orang dewasa yang tingginya di atas 170 cm. Selain tempat duduknya yang kurang supportive, head-roomnya juga sangat tersisa sedikit. Namun, jika dpaksakan juga tidak terlalu menjadi masalah.

 

Mungkin cukup itu dulu untuk artikel kali ini. Untuk artikel spesifikasi lebih lengkap akan kita bahas pada artikel selanjutnya. Penilaian fFirst Impression Mitsubishi Xpander Ultimate ini adalah murni opini saya. Jadi, tidak masalah jika sobat sekalian memiliki pendapat yang berbeda. RPMSUPER.COM – First Impression Mitsubishi Xpander Ultimate

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here