Efek Merubah Ukuran Gear Standar

0
Efek Merubah Ukuran Gear Standar

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Gear adalah sebuah salah satu perangkat yang menyalurkan tenaga yang dihasilkan mesin. Biasanya, rasio ukuran gearnya telah disesuaikan. Lalu apa Efek Merubah Ukuran Gear Standar.

Mengganti ukuran  atau mengganti ukuran gear, baik menambah atau mengurangi mata gir. Ada beberapa alasan.

Efek Merubah Ukuran Gear Standar

Alasan mengganti gir salah satunya didasarkan karena mengganti ukuran velg. Biasanya sih mengganti ukuran velg dan ban yang lebih besar. Bisa juga karena menincar sesuatu.

Ganti ukuran gear depan : Jika kita menurunkan ukuran gear dari ukuran standar. Maka putarannya akan semakin ringan yang membuat akselerasi lebuh bagus dengan sedikit mengorbankan akselerasi.

Sebaliknya, semakin besar atau semakin banyak mata gear depan akan membuat putaran semakin berat. Akselerasi akan drop, tetapi mungkin ada perbaikan dalam kecepatan.

Namun menambah mata gir depan akan memperberat kinerja mesin. Dibeberapa kasus pada motor yang menggunakan sensor kecepatan di gir depan terkadang membuat speedometernya agak ngaco atau tidak sesuai.

Ganti Ukuran Gear Belakang : Sebenarnya ini adalah kebalikan dari gear depan. Semakin banyak mata gir belakang maka akan semakin ringan dalam memutar roda belakang. Torsi akan meningkat, tetapi top speed akan berkurang dan nafas motor akan menjadi pendek.

Menambah mata gir belakang cocok untuk sobat yang telah mengganti ukuran ban yang lebih besar. Bisa juga buat sobat yang mencari torsi lebih, seperti untuk keperluan trabas atau freestyle.

Untuk konsumsi bahan bakar sedikit banyak berpengaruh sob. Tergantung bagaimana cara kita dalam mengatur puntiran gas. Juga bagaimana medan jalan yang dihadapi

Nah, kalau menambah atau mengurangi gir untuk motor standar apa efeknya. Tergantung tujuan sobat sendiri. Kalau jalanan yang dilintasi relatif datar dan ingin menambah speed bisa dengan memperberat ukuran gear. Dengan mengorbankan akselerasi.

Hal di atas juga tidak terlalu absolut. Masih tergantung seberapa banyak sobat menambah atau mengurangi mata gir. Semakin banyak yang ditambah atau dikurangi maka akan semakin terasa efeknya.

Kalau motor sobat standar alias tidak ada perubahan apa-apa khususnya pada kaki-kaki ada baiknya tetap menggunakan ukuran standar. Sebab, pabrikan memberikan ukuran rasio yang terbaik agar seimbang. Tidak terlalu kuat ditorsi juga tidak terlalu mengejar kecepatan maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here