Ciri-Ciri Performa Busi Menurun

paksi

RPMSUPER.COM – Busiย atau nama aslinya spark plug adalah sebuah perangkat yang ada dalam beberapa jenis kendaraan bermotor. Salah satunya pada sepeda motor. Busi sendiri memiliki dimensi yang kecil, tetapi dibalik bentuknya yang mungil. Busi menyimpan fungsi penting dalam kesatuan pengapian kendaraan bermotor.

Fungsi busi sendiri adalah untukย ย memercikan bunga apik dengan tujuan membakar hasil pencampuran dari udara dan bahan bakar diruang pengkabutan. Tapi, jika fungsi busi tidak berjalan semestinya pasti akan mengganggu kinerja sikuda besi.

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang gejala atau ciri-ciri busi yang performanya sudah berkurang atau sudah minta digantik. Jika penggunaan normal busi bisa bertahan selama 3.500 hingga 7.000 km tergantung kualitas busi sendiri. Tapi kalau memang belum bermasalah, bisa diganti setelah melahap 10.000 km.

Sebenarnya kondiri busi yang kurang baik mudah dideteksi. Yuk kita bahas bersama ๐Ÿ˜€ .

  • Pada busi yang performanya menurun saat kondisi berhenti putaran mesin tidak / kurang stabil seperti naik turun (kaya masih labil :mrgreen: ). Itu merupakan salah satu tanda bahwa percikan api busi sudah tidak stabil.
  • Gejala lainnya adalah mudah mati akibat dari percikan api terlalu kecil atau tidak stabil. Walau sudah disetting idle standar, busi yang sudah menurun performanya. Jadi lebih mudah mati baik itu saat berhenti maupun melaju dalam kecepatan rendah.
  • Busi yang sudah tua sering membuat knalpot nembak.
  • Kadang ditemukan gejala motor brebet atau tersendat saat menarik tuas gas.

Tapi, jika motor sobat ditemuka salah satu atau beberapa gejala diatas jangan langsung memvonis kondisi sudah jelek karena mungkin ada faktor lainnya. Maka dari itu, kita dianjurkan memeriksa kondisi busi jika ada kotoran yang menumpuk pada elektroda busi,jika ditemukan cukup bersihkan saja.

Tapi saran dari saya membersihkan busi jangan dibersihkan menggunakan amplas karena hanya akan membuat percika busi tidak fokus. Lebih baik menggunakan sikat. Saat mengecek kondisi busi perhatian juga pantika api masih besar atau sudah kecil mapun masih stabil atau tidak.

percikan busi
Lihat percikan busi Pict : otomotifnet.com

Jika memang kondisi tidak mendukung untuk digunakan lagi sebaiknya diganti. Yang paling direkomendasikan adalah busi standar pabrik atau jika sobat mau menggunakan produk merk lain bisa. Tapi yang harus diperhatikan, adalah tipe busi harus sama dengan standarnya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan sobat.

Last … Busi memang mempunyai pengaruh yang cukup besar,karena jika busi bermasalah juga bisa membuat boros bahan bakar karena hasil pencampuran antara udara dan bahan bakar tidak bisa dibakar secara sempurna dan juga tidak nyaman untuk digunakan.Sekian mohon undur diri semoga berguna dan bermanfaat untuk sobat RPM semua ๐Ÿ˜€ย – RPM – RPMSUPER – RPMSUPER.COM – CIRI-CIRI BUSI MAU MATI –

Baca juga bray

12 Comments

Masukan komentar Anda