Ciri-Ciri Komstir Oblak

qqq

RPMSUPER.COM – Komstir adalah salah satu perangkatpendukung dalam kenyamanan dan keamanan dalam berkendara dengan sepeda motor. Letaknya yang tersembunyi membuat para bikers agak kesulitan dalam merawatnya .

Jika komstir sudah mencapai  batas maksimalnya komstir akan minta baru. Sebelum minta diganti baru komstir akan memberi tanda-tanda dulu 😀 dan akhirnya minta jajan :mrgreen: . Pada kesempatan kali ini, RPM ingin sedikit berbagi tentang ciri-ciri komstir oblak. Beserta beberapa tips dan penyebab dari si-komstir oblak. Yuk kita bahas bersama :mrgreen:

  • Handling Menurun

Komstir sangat berpengaruh dalam handling motor. Jika komstir sudah tidak sehat maka stang motor akan terasa berat saat berbelok atau stang berat sebelah.Apabila sudah parah, stang bahkan tidak bisa berbelok. Mungkin karena bola-bola ( gotri :mrgreen: ) sudah habis 😮 .

  • Timbul Suara

Komstir yang sudah oblak atau rusak akan menimbulkan bunyi ( anggap saja bunyinya gledek-gledek :mrgreen: ) saat kita melakukan pengereman dengan menggunakan rem rem depan .

  • Timbul bunyi (part 2 :mrgreen )

Kembali komstir yang sudah akan mengeluarkan bunyi. Jika, yang diatas saat di rem depan. Untuk satu ini akan mengeluarkan bunyi cetak-cetok, seperti shock mentok. Pada saat melintasi jalan yang rusak maupun jalan yang mulus 😮

  • Getaran

Komstir yang sudah oblak akan menimbulkan getaran yang lebih pada bagian stang dan sekitarnya.

Setelah kita bahas ciri-cirinya ,sekarang kita akan membahas penyebab dari komstir oblak ;  .

  • Pertama, terlalu sering menghantam jalan berlubang atau bergelombang dengan keras .
  • Kedua, sudah mencapai batas maksimal atau memang sudah aus termakan waktu .
  • Ketiga, setingan komstir terlalu lembut .
  • Keempat, tidak pernah dirawat :mrgeen: .

Bagaimana cara merawat komstir ? Cukup mudah brot. Cukup setiap 6 bulan atau maksimal 1 tahun komstir di cek jika masih bagus cukup diolesi gemuk saja. Selain itu  ,setingan kekencangan komstir juga dapat berpengaruh dengan usai komstir

Jika terlalu kendur akan membuat stang enteng tetapi hal ini akan memperpendek umur komstir. Sebaliknya, jika diseting kencang stang sedikit berat, tetapi umur komstir bisa lebih panjang. Sebaiknya sih seting standar saj,a agar handling tetap joss dan umur komstir tidak pendek .

—-

Last…mungkin RPM hanya bisa menampilkan sedikit tentang ciri-ciri komstir oblak atau rusak beserta penyebab komstir rusak dan cara perawatannya .Mungkin sobat RPM ada yang pernah mengelami ? Monggo dihare bro .Sekian mohon undur diri semoga berguna dan bermanfaat 😀 . – RPM – RPMSUPER – RPMSUPER.COM –

Baca juga bray

10 Comments

Masukan komentar Anda