Ciri-Ciri Komstir Oblak

qqq

RPMSUPER.COM – Komstir adalah salah satu perangkatpendukung dalam kenyamanan dan keamanan dalam berkendara dengan sepeda motor. Letaknya yang tersembunyi membuat para bikers agak kesulitan dalam merawatnya .

Jika komstir sudah mencapai  batas maksimalnya komstir akan minta baru. Sebelum minta diganti baru komstir akan memberi tanda-tanda dulu 😀 dan akhirnya minta jajan :mrgreen: . Pada kesempatan kali ini, RPM ingin sedikit berbagi tentang ciri-ciri komstir oblak. Beserta beberapa tips dan penyebab dari si-komstir oblak. Yuk kita bahas bersama :mrgreen:

  • Handling Menurun

Komstir sangat berpengaruh dalam handling motor. Jika komstir sudah tidak sehat maka stang motor akan terasa berat saat berbelok atau stang berat sebelah.Apabila sudah parah, stang bahkan tidak bisa berbelok. Mungkin karena bola-bola ( gotri :mrgreen: ) sudah habis 😮 .

  • Timbul Suara

Komstir yang sudah oblak atau rusak akan menimbulkan bunyi ( anggap saja bunyinya gledek-gledek :mrgreen: ) saat kita melakukan pengereman dengan menggunakan rem rem depan .

  • Timbul bunyi (part 2 :mrgreen )

Kembali komstir yang sudah akan mengeluarkan bunyi. Jika, yang diatas saat di rem depan. Untuk satu ini akan mengeluarkan bunyi cetak-cetok, seperti shock mentok. Pada saat melintasi jalan yang rusak maupun jalan yang mulus 😮

  • Getaran

Komstir yang sudah oblak akan menimbulkan getaran yang lebih pada bagian stang dan sekitarnya.

Setelah kita bahas ciri-cirinya ,sekarang kita akan membahas penyebab dari komstir oblak ;  .

  • Pertama, terlalu sering menghantam jalan berlubang atau bergelombang dengan keras .
  • Kedua, sudah mencapai batas maksimal atau memang sudah aus termakan waktu .
  • Ketiga, setingan komstir terlalu lembut .
  • Keempat, tidak pernah dirawat :mrgeen: .

Bagaimana cara merawat komstir ? Cukup mudah brot. Cukup setiap 6 bulan atau maksimal 1 tahun komstir di cek jika masih bagus cukup diolesi gemuk saja. Selain itu  ,setingan kekencangan komstir juga dapat berpengaruh dengan usai komstir

Jika terlalu kendur akan membuat stang enteng tetapi hal ini akan memperpendek umur komstir. Sebaliknya, jika diseting kencang stang sedikit berat, tetapi umur komstir bisa lebih panjang. Sebaiknya sih seting standar saj,a agar handling tetap joss dan umur komstir tidak pendek .

—-

Last…mungkin RPM hanya bisa menampilkan sedikit tentang ciri-ciri komstir oblak atau rusak beserta penyebab komstir rusak dan cara perawatannya .Mungkin sobat RPM ada yang pernah mengelami ? Monggo dihare bro .Sekian mohon undur diri semoga berguna dan bermanfaat 😀 . – RPM – RPMSUPER – RPMSUPER.COM –

 

Kunjungi juga :

Facebook Fanspage RPMSUPER - Untuk Daily update tentang dunia Otomotif.

OtoBlade.com - Untuk info seputar dunia mobil.

RPMSUPER - AutoChanel - Untuk video seputar dunia otomotif.

Otoblade.com instagram - Untuk Daily Update tentang Mobil.

Instagram pribadi saya - Untuk info tentang dunia otomotif.

www.miranto.id - untuk diluar berita otomotif.

Kontak RPMSUPER.COM - Juga selalu tersedia 😀

 


Baca juga bray

Review Suzuki Grand Vitara JLX 2.0

10 Komentar

  1. Salam kenal bro
    Kira kira bro tahu ga harga komstir original cbr150 thai..??udah 3 tahun lebih sekarang berasa klw lewat jalan berlubang.
    (*)•:$•ŦĤΔΩĶ•<3•¥ΘÜ•({}) Bro..

  2. This is really interesting, You’re an overly professional blogger.
    I’ve joined your rss feed and look ahead to in search of extra of your wonderful post.

    Also, I have shared your web site in my social networks

  3. Tambahan, klo dari pengalaman saya dulu pas komstir bermasalah, setang berasa lurus, tapi motor berasa ga stabil, geal geol kiri-kanan..

  4. Bry shockbreaker ane bunyi tuh sama kayak yg diatas “Timbul bunyi (part 2 :mrgreen )” tp kondisi komstir OK udah pernah bongkar, kira2 rusaknya apa ya trus klo servis ama beli baru kira2 mahalan mana….?? Motor ane Old Vixi 2012, mohon saran bry….!! Tks

Silahkan masukan komentar Anda !