Cara Mudah Membersihkan Rantai

rantai

Rantai adalah penghubung tenaga dari mesin yang kemudian disalurkan ke gear.Rantai sendiri dapat kotor entah itu karena debu, lumpur maupun oli bekas yang digunakan. Nah, kali ini RPM akan berbagi tips tentang cara membersihkan rantai beserta gearnya dengan mudah dan murah.

Alat dan bahan yang perlu dipersipkan antara lain  kuas/sikat gigi yang sudah tidak dipakai lagi (kalau memungkinkan menggunakan dua buah), wadah, bensin secukupnya,chainlube, sabun colek dan air secukupnya.Nah beikut ini langkah-langkahnya :

1.Buka dulu tutup rantai atau spakbor kolong jika ada.

2.Buka juga tutup gear depan agar pembersihan maksimal.

3. Bersihkan bagian yang terdapat tumpukan oli (biasanya di gear depan, dekat standar samping), bersihkan dengan sikat yang sudah dicelupkan ke bensin. Kemudian sikat hingga bersih. Jangan gunakan bensin pada rantai ya, karena dapat merusak rantai bila digunakan terlalu sering.

4. Bersihkan rantai dan gear dengan menggunakan sabun colek, mediumnya bisa dengan sikat atau kuas. Bersihkan tiap sisinya agar benar-benar bersih. Sikat juga pada bagian gear depan belakang dan area yang dibersihkan dengan bensin tadi (agar tidak bau bensin).

sikat

 

5. Bilas dengan air. Kalau dirasa belum maksimal bisa lakukan langkah ke-4 beberapa kali hingga dirasa bersih.

6. Diamkan sejenak dan biarkan rantai kering.

7. Berikan pelumas rantai (chainlube) pada rantai.

Nah setelah itu melakukan pembersihan ini, rantai akan terlihat bersih seperti baru dan umur rantai juga akan lebih lama serta tariakan yang ringan seperti sedia kala. Oh ya buat tambahan jangan gunakan bensin pada rantai karena mitosnya  dapat membuat rantai molor 😮 , kalau mau aman dan mudah pakai saja chaincleaner.

Last..cara diatas sudah RPM lakukan dan hasilnya posistif,mungkin ada yang mau menambahkan ?. Sekian dari saya silahkan dikunyah-kunyah,mohon kritik dan saran.Semoga berguna dan bermanfaat 😀 (RPM) .

Baca juga bray

44 Comments

Masukan komentar Anda