Cara Menurunkan Tinggi Motor

4
Cara Menurunkan Tinggi Motor

Cara Menurunkan Tinggi Motor

RPMSUPER.COM – MOTOR adalah alat transportasi yang paling favorit oleh masyarat Indonesia. Tiap tahunnya bisa jutaan sepeda motor sukses terjual. Apalagi, semakin ke sini pengembangan motor dan produk diarahkan kepada permintaan pasar atau permintaan dari konsumennya.

Tapi, biasanya pabrikan  mengambil nilai tengah atau rata-rata dari permintaan tersebut. Misalnya saja untuk tinggi tempat duduk (seat high) diambil pada postru rata-rata orang yang ada di negara di tuju. Tentu ini menjadi dilema untuk orang-orang yang memiliki tinggi dibawah rata-rata.

Dikarenakan tempat duduk motor yang terlalu tinggi, membuat pengendara harus jinjit. Namun kalau jinjitnya masih standar tidak terlalu dipermasalahkan, tetapi jika jinjitnya sudah terlalu jauh (jinjit balet) bisa menjadi berbahaya. Apalagi saat menjaga keseimbangan motor agar tidak jatuh. Nah, pada kesempatan kali ini saya  akan membagi cara menurunkan tinggi motor agar memudahkan dalam mengendarai motor kesayangan 😀 .

Cara menurunkan tinggi motor

Pasang Lowering Kit

Pasang Lowering Kit
source : aripitstop.com

Langkah pertama adalah cara yang paling aman dalam menurunkan seat high motor, yaitu menggunakan lowering kit. Paket lowering kit tiap motor berbeda-beda dan bisa kita pilih sesuai kebutuhan kita. Memasang lowering kit lebih aman karena sudah sesuai dengan motor dan tidak perlu ada perubahan pada motor.

Memasang Lowering kit juga akan memberikan hasil yang signifikan. Ketinggian seat high pada motor juga dapat terpapas secara banyak. Namun, disisi lain jika menggunakan lowering kit yang terlalu rendah bisa membawa dampak negatif pada estetika. Tampilan motor bisa jadi tidak proporsional seperti semula.

Papas Jok Motor

kelebihan dan kekurangan papas jok

Cara selanjutnya agak sedikit rumit, yaitu memapas jok motor. Cara ini memang harus mengorbankan spare part asli dari motor. Selain itu juga dapat mengurangi kenyamanan dalam berkendara. Apalgi yang memapas jok terlalu banyak hingga menjadi tipis. Namun, memepasang jok juga dapat menurunkan tinggi motor secara signifikan.

Mengganti ban

Cara yang terakhir adalah mengganti ban. Cara ini adalah cara yang paling mahal untuk menurunkan tinggi motor. Bukan mengganti ukuran lebar ban, tetapi mengganti ke ukuran yang lebih rendah. Bisa kita lihat pada kode pada dinding ban. Misal ukuran ban 120/80 berarti tingginya 80%*120 mm. Jika ingin mengganti bisa gunakan tinggi lebih rendah misal 120/70.

Memang cara ini dirasa kurang efektif dalam menurukan seat high pada ban, tetapi tidak ada salahnya bila ingin dicoba. Namun, jika mengganti tingginya yang terlalu pendek juga bisa bermasalah pada estetika motor. Bila terlalu rendah, akan membuat spakbor depan dan spakbor kolong seperti kopong.


Las.. Itulah Cara-Cara Menurunkan Tinggi Motor yang bisa sobat aplikasikan ke motor sobat. Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget sobat. Sekain artikel kali ini, semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua 😀 – RPMSUPER.COM – Cara Menurunkan Tinggi Motor –

Referensi : aripitstop.com

Baca juga artikel lainnya 😀

RPMSUPER.COM juga ada di :

Youtube Channel : RPMSUPER ( Update Rabu dan Sabtu )

Facebook Fanspage : RPMSUPER-MotoBlog ( Daily Update )

Instagram : rpmsuper_ ( Daily Update )

- ALL ABOUT AUTOMOTIVE - RACING - TECHNOLOGY -

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here