Cara Menghilangkan Baret atau Goresan di Motor

cara menghilangkan goresan di motor
Pict : semisena.com

RPMSUPER.COM – Pernahkan sobat mendapati motornya terdapat baret atau goresan ? Goresan yang disebabkan karena motor terjatuh ,menyerempet benda, ambruk atau pernah bersenggolan dengan kendaraan lain karena saking padatnya lalu lintas ? Baret di bodi motor kadang membuat membuat tampialn motor berkurang.

Seiring perkembangan zaman tak perlu lagi  risau dan meratapi bodi motor yang terdapat luka gores atau baret. Sekarang sudah cukup banyak cara untuk mehilangkannya. Ada yang bisa dilakukan sendiri, atau jika tidak punya waktu luang bisa diserahkan ke bengkel spesialis untuk menghilangkan goresan atau baret di bodi motor.

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi Cara Menghilangkan Baret atau Goresan di Motor (bisa juga untuk bodi kendaraan lain 😀 ). Dengan dilakukan diri sendiri tanpa harus membawa motor ke bengkel.

Biaya yang dikeluarkan juga cukup murah dan alat-alatnya juga mudah dicari. Disini ada beberapa cara yang akan saya sampaikan. Jadi sobat bisa memilih cara yang dikira  paling mudah 😀 .Yuk kita bahas cekidot :mrgeen: .

Cara Menghilangkan Baret atau Goresan di Motor

Cara 1 Menggunakan Compound

compon

Cara ini sepertinya sudah lama digunakan para bikers sebagai Cara Menghilangkan Baret atau Goresan di Motor karena memang terbukti ampuh. Untuk cara ini sobat membutuhan sabun, silicon, kain yang halus, bersih dan kering. Compound warna putih jika goresan atau baret tidak dalam. Sedangkan bila goresan cukup dalam. bisa menggunakan compound berwarna merah. Siapkan juga amplas halus,sabun dan air serta bodi yang mau dihilangkan goresan atau baretnya. Langkahnya :

1.Cuci bodi kendaraan yang terdapat goresan atau baret.

2.Amplas secara perlahan dan satu arah (kanan-kiri atau atas-bawah). Oh iya, sebelumnya ampas sudah direndam atau dibasahi dulu. Mengamplas secara perlahan agar tidak menambah goresan atau baret. Lakukan hingga goresan atau baret pudar.Setelah itu dikeringkan dengan kain.

3.Oleskan coumpound pada tadi bekas amplas dengan kain bersih. Jika sudah bersihkan sisa compound dengan kain.

4.Semprotkan silicon seperti merk K*IT agar kinclong di permukaan bodi.

Cara 2 Menggunakan Spidol Fix it Pro

Cara Menghilangkan Baret atau Goresan di Motor

Fix it pro adalah sebuah alat yang berbentuk serupa dengan spidol yang sudah berkembang mulai dari tahun 2011. Mereka mengklaim dapat menghilangkan goresan atau baret di bodi kendaraan dengan instan.

Fix it pro dapat digunakan di bodi yang bermaterial besi, plastik dan fiber. Untuk harga satuan sekitar 25rb rupiah. Jika sulit mendapatkannya bisa sobat cari dikaskus 😀 . Nah,  untuk langlah-langkanhnya adalah sebagai berikut 😀 .

1.Bersihkan bodi motor dengan kain. Pasang filter ke lubang spidol, lalu dikocok hingga ramuannya tercampur.

2.Tekan spidol pada bagian yang terdapat goresan atau baret (jika hanya sedikit gunakan ujung spidol saja) lakukan secara searah (kanan-kiri atau atas-bawah) hingga goresan atau baret tidak terlihat.

3.Lap dengan kain, tetapi tanpa menekan kain agar cairannya tidak hilang.

4.Keringkan bodi agar kering.Untuk hasil maksimalnya adalah 1X24 jam.

Cara ke 3 cat ulang

cat-semprot-unik-dan-khusus-samurai-paint-20110824213657-8027

Cara ini mungkin yang agak rumit karena juga membutuhkan keterampilan dalam pengecatan. Cara ini digunakan bila bidang yang ada goresan atau baret cukup banyak. Material yang dipersiapkan cat (sesuai selera), kain dan amplas. Langkah-langkahnya sebagai berikut 😀 .

1.Amplas bodi motor (jika ada stiker dilepas dulu). Setelah hilang baretnya di bersihkan dengan air dan kemudian di keringkan dengan kain.

2.Lakukan pengecatan. Untuk hasil maksimal buat 2-3 lapisan agar cat awet dan tidak terlalu tebal. Untuk hasil lebih maksimal, lakukan dengan membuat lapisan dasar 2-3 lapisan.

3.Keringkan. Oh iya,saat akan mengulangi pengecatan untuk membuat lapisan baru usahakan lapisan sebelumnya harus benar-benar kering 😀 .

 

  • Cara 4 Lem Biru (LEMpar BelI baRU :mrgreen: )

Cara ini dilakukan bila sobat memang sedang benar-benar tidak ada waktu untuk melakukannya sendiri atau membawa ke bengkel. Cukup dengan membeli bagian yang terdapat goresan. Lalu bodi lama dilepas dan pasang bodi baru. Sepertinya, inilah cara yang paling mudah :mrgreen: . – RPMSUPER.COM – Cara Menghilangkan Baret atau Goresan di Motor –

Baca juga tips lainnya 😀

 

Kunjungi juga :

Facebook Fanspage RPMSUPER - Untuk Daily update tentang dunia Otomotif.

OtoBlade.com - Untuk info seputar dunia mobil.

RPMSUPER - AutoChanel - Untuk video seputar dunia otomotif.

Otoblade.com instagram - Untuk Daily Update tentang Mobil.

Instagram pribadi saya - Untuk info tentang dunia otomotif.

www.miranto.id - untuk diluar berita otomotif.

Kontak RPMSUPER.COM - Juga selalu tersedia 😀

 


Baca juga bray

Review Wuling Confero S by RPMSUPER

10 Komentar

  1. Itu pakai amplas apa yg no 1? Terus kompound yg dipake warna merah atau putih yah kalau baretnya itu kayak garis kecil warna putih?

Masukan komentar Anda