Cara Mengenali Oli Palsu

8

images (22)

RPMSUPER.COM -Oli adalah sebuah pelumas yang dibutuhkan untuk semua kendaraan bermotor yang berguna untuk melumasi mesin. ssekaligus untuk merawat, menghindari karat dan mendinginkan mesin . Hal itu yang membuat keberadaan oli sangat penting .

Oli sendiri memiliki banyak  jenis dan tipenya, dari oli jenis mineral hingga ester.Namun, sudah banyak ditemukan oli-oli palsu yang sudah beredar luas di pasaran. Tentunya ini sangat meresahkan bagi para bikers, karena dapat merusak mesin secara perlahan-lahan .

Nah, pada episode kali ini RPM ingin membagikan sedikit tips cara membedakan oli yang palsu dan oli yang asli. Bagaimana caranya ? ,yuk kita bahas bersama 😀 .

Cara Mengenali Oli Palsu

1.Kenali Bau

Oli yang palsu dan oli yang asli memiliki beberapa perbedaan dalam bau. Biasanya untuk oli yang palsu memiliki bau yang ” sangit ” sama seperti bau oli yang terbakar atau asap putih yang keluar dari knalpot.

Hal itu terjadi oli yang palsu dicampur dengan bahan kimia ,salah satunya untuk proses penjerinihan. Bau sangit sendiri akan langsung keluar saat tutup oli dibuka ,jika ditemukan hal itu segeralah di lem biru alias di lempar ganti baru :mrgreen:

2.Perhatikan Segel

oli3
Segel oli Shell Advance

Oli yang rentan untuk dipalsukan adalah oli yang memiliki kemasan botol karena kemasan botol dapat digunakan untuk mengisi oli palsu tersebut. Pada oli yang asli pasti diberikan segel asli dari pabrik, untuk oli palsu biasanya tanpa menggunakan segel ataupun segelnya mudah sekali rusak. Segel oli biasanya terdapat di tutup botol dan lubang botol 😀 .

3.Warna Oli

oli asli dan palsu

 

Ini mungkin cara yang paling sulit yaitu membeda oli yang palsu dan oli yang asli karena tidak semua orang hafal warna oli tiap merk karena tiap produsen menggunakan bahan yang berbeda dan menyebabkan warna oli berbeda-beda .

Namun, kita dapat mengeceknya dengan mengeceknya dengan mengeceknya setelah beberapa waktu. Dikarenakan pada oli palsu warnanya cepat menghitam, dibandingkan oli yang palsu. Tapi, buka berarti oli yang menghitam adalah oli palsu. Memang karena oli akan menghitam jika sudah masa penggantian periodiknya dan warna hitamnya juga buka hitam legam .

4.Volume Berkurang

0090-9jyijnguuh

Oli yang palsu tingkat penguapannya juga cukup tinggi karena kandungan oli sudah banyak tercampur bahan yang lainnya. Jika pada oli yang asli tingkat penguapannya 20 ml pada oli palsu bisa sampai 120 ml .Untuk menghindarinya bisa cek ketinggian oli dari tutup oli .

5.Licin di jari 

Ini adalah cara mengenali mana oli yang asli dan yang palsu, yaitu dengan mengoleskan pada jari dan digesekan satu antar jari. Pada oli palsu oli akan licin sebentar dan akan mudah kering. Sedangkan pada oli yang asli, akan lebih lama licinnya karena terdapat film pelindung gesekan antar part di dalam mesin .

6.Kenali Ciri Khusus

Pada oli-oli yang asli memiliki ciri khusus yang mungkin sulit untuk dipalsukan walaupun sudah memalsukan kemasan oli. Contohnya oli enduro racing, akan mengeluarkan bau wangi saat awal pemakaian. Contoh lain, oli BM1 menggunakan kemasan plastik ( seperti kemasan isi ulang sabun cair untuk cuci piring :mrgreen: )

 


Last… Jika sobat RPM terlanjur menggunakan oli palsu segera melakukan penggantian oli . Bagaimana sobat cukup mudahkan cara membedakan oli yang palsu dan yang asli ? Sekian mohon undur diri semoga berguna dan bermanfaat 😀 -RPM – RPMSUPER.COM – Cara Mengenali Oli Palsu –

 

Vote me on Voucher.id
Automotive Blogs Award 2017

8 KOMENTAR

  1. tips nya. .ribet bgt.
    Ga da yg lbh gampang lg apa?
    Nih. .saya punya tips ! To the point.
    Caranya : pergi kebengkel. . Truz bilang@pak,saya mau beli oli yg palsu. Truz ,kalo penjualy bil. @ga jual oli palsu . Anda jngn menyerah! Bil lagi@ pak ! Saya mau beli oli palzu . Ada ga ! (naday sambil membentak. Kalo. .penjualy njwab tidak jual oli palsu sambil marah jg.
    Nah ! Berarti si penjual . .jualy OLI YG ASLI .
    SELAMAT MEMPRAKTEKAN(resiko ditanggung penumpang

    • kalau oli parbikan dan dijual di bengkel resmi kemungkinan terjadinya kecil ,kalau di luar bengkel resmi bisa saja terjadi 😮

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here