Cara Cek Kondisi Koil Motor

koil

RPMSUPER.COM – Koil adalah salah part yang bekerja di jurusan pengapian motor yang tugasnya menyalurkan tinggi redahnya tegangan yang bersal dari spull dan aki. Menurut petunjuk buku manual kerusakan koil terdeteksi lewat besarnya tahanan kumparan.

Bila menyimpang dari spesifikasi artinya rusak. Standar tahanan kumparan primer ( Konektor dengan kabel warna hitam/kuning ) 0,4 – 0,6 ohm pada suhu 20 C dan tahanan kumparan sekunder adalah 14,5 – 22,5 ohm pada suhu 20 C (sumber cek di TKP )

Koil sendiri punya masa bakti yang terbatas juga. Tidak bisa digunakan secara terus menerus tanpa mengenal waktu. Koil bisa mengalami kerusakan dan juga penurunan performa sepda motor kita. Jika saat anda melaju dengan suhu tinggi tiba-tiba motor mati bisa jadi itu disebabkan oleh koil yang sudah buruk.

Juga, jika anda menemui gejala susah distarter susah sekali hidup. Itu juga meruapa salah satu gejala jika koil sudah buruk dan lemah keadaannya (lebay yak :mrgreen: ) . Nah, kali ini saya  ingin berbagi tentang cara mengetahui apakah koil yang ada ini masih layak dipakai atau sudah waktunya regenerasi ? Berikut caranya 😀 .

  • Api Koil

Cara pertama adalah melihat percikan api dari koil. Caranya cukup lepas kop busi dari koil coba distarter lalu perhatiakan loncatan api berwarna apa .Jika loncatan api warnanya merah pertanda kondisi koil sudah buruk. Idealnya warna loncatan api biru yang menandakan koil masih bekerja maksimal.

  • Kepala Busi

Caranya juga mudah dan dapat dilakukan dirumah apalagi rumah anda bengkel :mrgreen: . Caranya tinggal lepas busi dan lihat pada kepala busi yang dekat dengan elektroda apakah warna masih putih atau timbul warna hitam dan kerak ? Jika menemukan warna hitam dan kerak maka menandakan koil sudah menurun performanya karena pembakaran kurang maksimal dan menjadi endapan karbon. 😀

  • Api Busi

Caranya hampir sama dengan cara pertama, Namun, ini dengan memasang kop busi sekaligus businya .Coba gunakan starter lihat loncatan api yang keluar dari busi. Jika keluar loncatan api berarti performa koil masih bagus. Tapi, jika tidak menemui letikkan api ini pertanda koil sudah menurun performanya 😀 .

  • Head Piston

Jika anda tidak puas dengan empat cara diatas bisa menggunakan cara ini, yaitu bongkar head silinder untuk melihat kepala piston. Jika kepala piston terdapat kerak yang berwarna hitam arang itu pertanda pembakaran sudah tidak maksimal dan penunjuk koil usdah tidak maksimal bekerjanya (walau penyebabnya bukan hanay koil saja 😀 ) . 😀


Last… Cara cek performa diatas hanyalah opini pribadi RPM dibantu beberapa sumber . Maka jika ada kesalahan mohon koresksinya karena disini kita sama-sama belajar dan berbagi itu indah sob 😀 . Semoga berguna dan bermanfaat 😀 (RPMSUPER.com) >> RPM

 

Baca juga bray

Tags:,
No Comments

Masukan komentar Anda