Cara Cek Kondisi CDI

cdi brt racing

RPMSUPER.COM –ย CDI adalah otak pengapian untuk mesin yang menggunakan pengkabut karburator. Jika pada system injeksi dikenal dengan nama ECU. CDI bertugas untuk mengatur besar kecilnya pengapian. CDI juga memiliki limiter (untuk standar) dan masa pakai yang cukup lama dengan harga dimulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Jika menggunakan CDI imitasi kW biasa, sangat susah untuk langsam dan juga sedikit sulit dalam pengaturannya tidak bisa dilihat dengan kasap mata. Tapi, dapat dirasakan dari tenaga yang keluarkan. Untuk mengetahui bagaimana keadaan dan kerusakan CDI, bisa diukur menggunakan Avometer.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara cek kondisi CDI pada motor bray. Yuk langsung kita bahas bersama :

  1. Setel Avometer pada sinus 200 volt (jangan kurang jangan lebih). ๐Ÿ˜€
  2. Kabel merah avometer dihubungkan ke kabel CDI yang menuju koil. ๐Ÿ˜€
  3. Kabel hitam dihubungkan ke massa/bodi/barang yang dapat menyalurkan arus listrik. ๐Ÿ˜€
  4. Nyalakan motor dengan starter maupun kick starter lalu lihat avometer apakah ada arus yang keluar atau tidak. ๐Ÿ˜€
  5. Bila tidak ada arus maka CDI sudah mengalami kerusakan (waktunya โ€œLEMBIRUโ€ ๐Ÿ˜€ ). Dengan catatan arus dari spul dan pulser ada yang mengalir ke CDI. Jadi sebelumnya cem dulu arus tersebut. Cara nya sama seperti yang diatas. Hanya kabel merah avometer dihubungkan ke kabel sepul yang menuju ke CDI. ๐Ÿ˜€
  6. Jika tidak ada avometer, coba saja kabel CDI yang menuju ke koil dengan melepas kop busi lalu salurkan ke bodi besi motor kemudian distarter. Jika masih ada percikan api besar masih bisa digunakan. Jika percikan kecil maka sudah mengalami penurunan performa. Lalu tidak timbul percikan api maka sudah waktunya ganti. ๐Ÿ˜€

 

Last..tips tentang ย cara cek kondisi CDI ย yang saya sampaikan hanya sedikit dan paling mudah menggunakannya adalah yang nomer 6 ๐Ÿ˜€ karena tidak menggunakan alat-alat yang rumit. Tips cara cek kondisi CDIย diatas bisa dilakukan semua orang khususnya untuk motor yang sudah berumur 3 tahunan lebih. Sekian dari saya silahkan dikunyah-kunyah,mohon komentar,kriti,saran yang membangun dan semoga berguna (RPM) .

 

 

Baca juga bray

Tags:,
51 Comments

Masukan komentar Anda