Cara Aman Meninggalkan Mobil Dalam Waktu Lama

0
Cara Aman Meninggalkan Mobil Dalam Waktu Lama

Cara Aman Meninggalkan Mobil Dalam Waktu Lama

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Mobil adalah salah satu kendaraan pribadi yang memiliki populasi yang besar di Indonesia. Bisa dikatakan tiap tahun penjualan mobil selalu tinggi di Indonesia.

Namun, tidak  semua orang yang memiliki mobil selalu menggunakan kendaraan mereka. Ada beragam alasan mengapa mereka harus meninggalkan mobil dalam jangkaun waktu yang lama sob.

Mungkin mereka harus pergi ke luar kota dalam jangka waktu yang lama. Bisa juga karena memang malas menggunakan kendaraan pribadi karena kemacetan yang luar biasa. Bisa juga alasa-alasan lain.

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas bagaimana Cara Aman Meninggalkan Mobil Dalam Waktu Lama. Sebab, jika mobil tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama perlu hal khusus agar mobil tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Cara Aman Meninggalkan Mobil Dalam Waktu Lama

  1. Pastikan Kondisi Mobil Dalam Keadan Bersih

Cara Aman Meninggalkan Mobil Dalam Waktu Lama yang pertama adalah dengan meninggalkannya dalam keadaan bersih. Sebelum ditinggal dalam jangka waktu yang lama ada baiknya dicuci mobilnya sampai benar-benar bersih.

Terlebih pada bagian mobil yang memiliki celah-celah sempit. Sebab, kalau kita meninggalkan mobil dalam keadaan kotor akan ada beberapa hal yang merugikan. Bisa menyebabkan kotoran yang ada semakin membandel, juga bisa menimbulkan karat pada bagian part mobil.

2. Parkirkan Mobil di Tempat Yang Datar dan Tertutup

Menempatkan mobil pada area yang datar dan tertutup memiliki beberapa keuntungan sob. Yang pertama mobil akan terhindari langsung dari sinar matahari dan juga hujan. Kemungkinan juga menghindari terkena benda-benda asing.

Kemudian, dengan menempatkan mobil di tempat yang datar membuat kita tidak perlu menarik rem parkir atau park brake. Jika kita meninggalkan mobil dalam jangka panjang akan dengan kondisi rem parkir mengunci akan membuat kampas rem lengket dan mengurangi elastisitas dari per rem untuk rem tromol.

Ada tambahan, opisional saja kalau memang mobil ditinggalkan dalam jangka yang benar-benar lama. Adalah dengan mendongkrak mobil agar semua ban tidak menyentuh permukaan secara langsung.

Tujuannya agar tidak merusak ban karena menahan beban kendaraan secara terus menerus. Juga agar menjaga beberapa part dibagian kaki-kaki, misalkan suspensi dan lainnya tetap prima.

3. Ganjal Wiper

Tips selanjutnya adalah dengan mengganjal wiper agar tidak bersentuhan dengan kaca secara langsung. Ini meliputi wiper depan dan juga wiper belakang. Sebab, jika tidak diganjal maka karet wiper akan mengeras. Jika wiper mengeras, maka daya sapunya tidak akan bisa maksimal. Malah, wiper bisa menggores permukaan kaca karena sudah tidak lentur lagi.

4. Perhatikan Beberapa Cairan Mobil

Cara Aman Meninggalkan Mobil Dalam Waktu Lama selanjutnya adalah dengan memperhatikan cairan yang ada di mobil. Pertama adalah perhatikan olinya. Jika memang mobil tidak digunakan sama sekali dan tidak dipanaskan.

Ada baiknya mengganti olinya. Tujuannya adalah menghindari kerak yang akan timbul apabila oli sama sekali tidak bersirkulasi dalam mesin. Cairan yang harus diperhatikan juga adalah bahan bakar.

Pastika sebelum ditinggal dalam jangka waktu yang lama. Bahan bakar mobil diisi dengan penuh. Tujuannya adalah menghindari timbulnya uap dan menimbulkan embun. Yang nantinya, akan menimbulkan korosi di tangki.

5. Lepas Aki

Poin yang terakhir adalah dengan melepas kabel-kabel pada aki. Nah, saat hendak melepas kepala aki ada baiknya melepas kutup negatif. Setelah itu baru lepas kutub positifnya. Kalau hendak dipasang urutannya adalah kebalikannya.

Tujuan melepas aki adalah mengurangi resiko aki menjadi rusak atau kehilangan daya. Dengan tidak menghidupkan aki maka sama sekali tidak terjadi sirkulas di aki. Nantinya, akan membuat kondisi aki cepat tekor. – RPMSUPER.COM 

Referensi : daihatsu.co.idantonguntur.wordpress.com

RPMSUPER.COM juga ada di :

Youtube Channel : RPMSUPER ( Update Rabu dan Sabtu )

Facebook Fanspage : RPMSUPER-MotoBlog ( Daily Update )

Instagram : rpmsuper_ ( Daily Update )

- ALL ABOUT AUTOMOTIVE - RACING - TECHNOLOGY -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here