Cara Agar Rem Cakram Makin Pakem

11

rem cakrammm

 

RPMSUPER.COM – REM adalah sebuah perangkat yang wajib ada dalam semua kendaraan bermotor karenamenyangkut keselamatan berkendaraan. Jika diibaratkan nyawa kita hanya menggantung pada rem kita. Jadi kita dituntut untuk memiliki perangkat pengereman yang selalu prima karena jika tidak resiko menghantui kita.

Nah, untuk rem sendiri ada dua jenis yaitu   rem tromol (drum brake) dan rem cakram (disk brake). Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, pada kesempatan kali ini RPM ingin membahas cara mengingkatkan pengereman pada rem cakram motor. Untuk cara sendiri bisa dilalui dengan beberapa step dari yang ringan dan cukup murah hingga berlanjut ke cara yang cukup sulit dan mahal.

Untuk cara agar rem cakram makin pakem sobat juga harus sesuaikan tingkatannya karena kebutuhan rem di jalan raya dan di arena balap memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Sebenarnya RPM sudah pernah membahasnya pada dua tahun yang lalu disini, tetapi artikel kali ini menggunakan step-step atau tingkatan untuk meningkatkan daya pengereman rem cakram motor sobat. Langsung saja kita bahas cara agar rem cakram makin pakem berdasarkan prioritasnya bray 😀

1.Mengganti Kampas Rem Berkualitas Baik

kampas daytona

Ini mungkin cara yang paling mudah dilakukan, tetapi jangan sembarangan juga mengganti kampas rem pada kuda besi kita. Untuk tahap pertama cukup mengganti kampas rem yang memiliki kualitas material yang bagus. Bisa menggunakan merk diluar pabrikan seperti Bandix atau merk racing seperti daytona.

Biasanya rem yang memiliki daya cengkram yang baik adalah kampas rem bertipe lunak karena dapat mengapit piringan cakram secara maksimal dan menghasilkan gaya gesek yang lebih baik. Kampas rem yang lunak juga tidak menyebabkan piringan rusak, tetapi harga dari kampas rem ini biasanya lebih mahal ketimbang merk original pabrik dan lebih cepat habis. Sebaliknya, jika kita menggunakan kampas rem yang bertipe keras. Memang penggunaannya akan bisa lebih panjang. Tapi, kampas bertipe keras akan dapat merusak piringan cakram motor kita bray 😮

2.Mengganti Minyak  Rem

minyak rem

 

Cara agar rem cakram makin pakem selanjutnya adalah pada minyak rem. Cairan ini sering disempelekan oleh beberapa pengguna kendaraan bermotor terlebih karena harganya yang relatif murah. Minyak rem juga memiliki peran yang fital dalam menunjang pengereman.

Minyak rem akan mendorong kaliper cakram untuk menekan kampas rem agar bergesekan dengan piringan cakram. Minyak rem sendiri memiliki titik didih dan titik beku. Jika sudah digunakan dalam jangka lama titik tersebut bisa berubah yang mengakibatkan penurunan performa. Gantilah secara berkala, untuk yang belum tahu tentang jangka waktu bisa cek disini 😀

 

3.Selang Rem Racing

selang rem racing

Selang rem bertugas untuk menyalurkan minyak rem. Selang rem standar pabrik biasanya berbahan dari karet. Selang rem jenis ini akan mengembang jika tuas rem ditarik hal ini berfungsi agar tidak terjadi penguncian roda, tetapi hal ini juga menyebabkan daya pengereman berkurang karena minyak rem tidak langsung dialirkan ke kaliper karena selang rem mengembang terlebih dahulu.

Berbeda dengan denga selang rem racing yang (biasanya) terbuat dari material baja dan memiliki diameter yang lebih kecil dibanding selang rem standar pabrik. Secara teori dapat menyalurkan minyak rem lebih cepat karena tidak mengembang terlebih dahulu dan memiliki diameter yang lebih kecil. Jadi minyak rem bisa terodorong lebih cepat, dibandingkan dengan selang rem berbahan karet. Untuk itu step ketiga disarankan mengganti selang rem racing, tetapi pilih yang berkualitas agar tidak mudah bocor.

 

4.Piringan Cakram Lebar

cakram1

 

Untuk langkah ini tidak perlu diragukan lagi kebenarannya karena sudah banyak bikers yang membuktikan kebenarannya. Tapi untuk step ini, RPM menyarankan menggunakan piringan cakram yang berjenis sama dengan piringan cakram asli. Jika piringan cakram menganut jenis non floating, sebaiknya menggunakan tipe yang sama. Namun, jika hendak menggunakan yang berbeda juga tidak masalah brau.

Pilih cakram lebar juga jangan sembarangan, pilihlah yang berbahan dasar bagus agar tidak melengkung saat penggunaan jangka lama. Cakram dengan kualitas abal-abal saat cakram ekstra panas bisa dengan mudah melengkung 😮 . Hal lain yang harus diperhatikan adalah ukuran dari cakram tersebut. Disarankan tidak mengganti ukuran cakram dengan diameter terlalu lebar juga.

 

5.Mater Rem

master rem

 

Master rem berfungsi sebagai penghantar tekanan melalui tuas rem yang ditekan. Semakin kuat tekanan yang dikirim oleh master rem akan mempercepat dan memperkuat pengereman. Nah, untuk langkah ini tidak perlu mengganti hanya cukup perawatan agar master rem selalu prima.

Tapi kalau sobat masih belum puas, bisa menggunakan master rem lain. Seperti kanibal merk lain, menggunakan libah moge, ataupun menggunakan brand racing. Kalau ingin harga terjangkau, tetapi memunyai kualitas yang terjamin bisa memilih kanibalisasi part motor lain yang mempunyai kualitas yang lebih baik.

 

6.Kaliper Rem

kaliper rem

 

Cara agar rem cakram makin pakem terakhir ada pada keliper rem. Kaliper rem bertugas menekan kampas rem agar dapat bergesekan dengan piringan cakram. Untuk itu rawat kaliper rem motor sobat karena jika sudah termakan waktu akan ada beberapa part yang aus. Kembali lagi jika belum puas dengan hasilnya bisa mengganti kaliper tersebut dengan kanibal merk lain, menggunakan libah moge, ataupun menggunakan brand racing.

Kenapa mengganti kaliper rem setelah master rem ? Karena jika master rem memiliki tekanan dibawah kebutuhan kaliper rem maka dorongan dari master rem akan tidak maksimal dan hasil rem akan sama saja dengan aslinya. Kaliper rem juga dapat diupgrade jumlahnya .Jika sebelumnya menggunakan kaliper dua piston bisa diupgrade ke kaliper empat piston.

 

Last.. Tidak perlu melakukan enam perubahan langkah tersebut diterapkan dikuda besi sobat. Mungkin hanya butuh 2 – 4 langkah saja pengereman sudah cukup yahud untuk diajak late braking maupun long breaking pada kondisi pemakaian harian. Jika melakukan step diatas tapi hanya untuk perjalanan santai malah motor tidak berhenti karena ngesot :mrgreen: . Sekian RPM mohon undur diri semoga artikel tentang cara agar rem cakram makin pakem ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua 😀 . – RPM – RPMSUPER – RPMSPEED – RPMSUPER.COM – RPMSUPER.NET –

Vote me on Voucher.id
Automotive Blogs Award 2017

11 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here