Cairan Pembersih Rantai Yang Aman

0
Cairan Pembersih Rantai Yang Aman

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Seiring dengan pemakaian, rantai akan aus, mulur dan sebagainya. Apalagi kalau digunakan sehari-hari rantai bisa semakin kotor. Lalu apa Cairan Pembersih Rantai Yang Aman ?

Kotornya rantai disebabkan oleh banyak hal. Sebut saja karena jalan yang dilewati kotor, banjir. Bisa juga karena penumpukan oli rantai atau chainlube yang disemportkan berulang-ulang.

Biasanya  orang-orang menggunakan bahan bakar minyak sebagai pembersih rantai. Namun, menggunakan bensin, solar dan sejenisnya kurang bagus untuk rantai. Salah satunya adalah membuatnya semakin mulur.

So, kita membutuhkan Cairan Pembersih Rantai Yang Aman. Sobat bisa pilih beberapa barang yang ada didaftar ini sesuai dengan kemampuan. Baik kemampuan dalam membeli maupun kemampuan dalam mendapatkan barang tersebut.

” BACA JUGA : Penyebab Rantai Cepat Kendur “

Cairan Pembersih Rantai Yang Aman

  1. Chain Cleaner

Yang pertama tentu saja cairan pembersih rantai :mrgreeen: . Chain cleaner ini sedikit berbeda dengan chain lube. Sebab, chain cleaner memiliki sifat seperti detergen yang merontokkan kotoran.

Untuk harga tergantung merk dan tingkat keampuhannya bray. Biasanya semakin mahal, semakin ampuh pula dalam merontokkan kotoran. Sisi positif lain dengan menggunakan chain cleaner adalah tidak merusak ring rantai.

2. Penetrant

Penetran juga bisa digunakan untuk mencuci rantai sob. Sifatnya sama, bisa membersihkan kotoran rantai. Mulai dari oli, debu hingga karat juga bisa dibersihkan. Merk penetran yang terkenal adalah Rexco maupun WD-40. Dari segi harga juga masih tergolong terjangkau.

” BACA JUGA :  Ciri Rantai Sudah Aus “

3. Cairan Pencuci Piring

Nah, buat sobat yang nggak mau repot mendapatkan barang di atas. Bisa menggunakan cairan pencuci piring maupun baju. Namun, kekuatannya dalam membersihkan kotoran yang membandel seperti oli tidak sebagus kedua cairan di atas.

Tapi, sisi positifnya adalah tidak merusak komponen dalam rantai. Walaupun tidak bisa merontokkan kotoran secara cepat, paling tidak mudah didapatkan dan tidak merusak komponen rantai. Biasanya orang menggunakan cairan seperti sunlight maupun detergen untuk untuk mencuci baju,

4. Bensin, Solar dsb

Terakhir adalah cairan yang sering orang-orang gunakan. Memang dalam pembersihan, bensi, solar dan sebagainya mampu merontokkan kotoran dengan cepat dan mudah. Tinggal beberapa kali sikat, oli dengan mudah luntur.

Namun, jangan terlalu sering menggunakan bahan bakar minyak sebagai pembersih rantai. Sebab, bahan bakar minyak dapat merusak kompnen dalam dalam rantai. Apalagi pada rantai berjenis O-ring. RPMSUPER.COM

Baca Juga :

Cara Mudah Membersihkan Rantai

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here