Buat Cover Engine Sendiri

Buat Cover Engine Sendiri

 

RPMSUPER.COM – MODIFIKASI adalah hal yang lazim, dilakukan oleh bikers untuk merubah tampilan motor standar pabrikan. Modifikasi bisa meliputi mengganti tampilan bodi, warna maupun perubahan pada mesin.

Banyak cara yng ditempuh untuk  melakukan modifikasi tungangan salah satunya membeli barang dari berbagai merk, membuat kostum di bengkel modifikasi hingga membuatnya sendiri.

Untuk modifikasi bodi motor, adalah hal yang paling sering digunakan oleh sebagian besar rider yang bosan dengan tampilan standar motor. Maka,dilakukanlah perubahan pada bodi motor tersebut.

Perubahan yang dilakukan dapat dari produk-produk siap pasang yang sudah ada dipasaran, maupun produk yang dihasilkan dari bengkel modifikasi yang ada disetiap daerah.

Namun, belum banyak bikers yang melakuakn modifikasi dengan membuatnya sendiri dengan menggunakan alat dan bahan yang ada disekitar kita. Belum banyak bukan berarti tidak ada, salah satunya sobat kita yang bernama Deddy, atau langsung saja cek akun facebooknya di sini. Beliau membuat sendiri cover engine atau pelindung mesin menggunakan bahan dasar pipa paralon untuk tunggangannya Honda New CB105R.

Mungkin beberapa sobat RPM disini penasaran, bagaimana cBuat Cover Engine Sendiri dari pipa paralon karena seperti yang kita ketahui pipa paralon berbentuk seperti tabung tanpa penutup.

Alat yang diperlukan menurut bro Dedy antara lain; pipa pvc berukuran paling besar, dan ketebalan tergantung peralatan kita, pemotong (cutter, pisau) yang tajam ,pemanas (bisa pakai kompor, heatgun, dsb)  ,karton, alat tulis, isolasi, alat pengukur ,alumunium foil, dan Sanpolac

Sepertinya untuk bahan dan alat mudah dicari disekitar kita, dan untuk harga tidak terlalu mahal juga, mungkin hanya beberapa saja yang sulit dicari. Langsung saja kita menuju step atau langkah pembuatan barang yang diinginakn tersebut. Cek this out brader 😀

Tahap pertama

  • Buat sketsa dri kertas karton sesuai dgn bentuk yg kita inginkan dan siapkan kertas karton, alat tulis dan isolasi. Gambar sketsa yang diinginkan lalu bentuk sesuai keinginan dengan memotong kertas karton tersebut. Semakin unik bentuknya, semakin bagus hasilnya, tetapi juga semakin sulit pengerjaannya. Jangan lupa mendesain beberapa titik unutk tempat baut atau pun tembat untuk menaruh braket.

Tahap kedua

  • Buat Cover Engine Sendiri. Paralon dibelah dua lalu di panasi, agar lebih mudah dilebarkan & bentuknya menetap. Bentuk dasarnya dari tabung menjadi persegi panjang. Buat 2 buah untuk bagian kiri & kanan.

Tahap ketiga

  • Tempelkan kertas karton yang sudah dibentuk sesuai sketsa ke paralon, dengan menggunakan isolasi. Lalu, dilanjutkan dengan memotong paralon sesuai bentuk kertas karonyang kita buat (kiri & kanan). Ingat! Sisakan paralon tadi untuk penyambung bagian depan. Lalu dicoba dipasangkan ke bodi motor, apakah sudah sesuai atau belum.

buat cover engine

Tahap keempat

  • Jika dikira sudah mantap dan presisi, kita lanjutkan step selanjutnya, yaitu dengan memasang braket. Setelah semuanya presisi, bongkar kembali cover tersebut untuk membuat lubang-lubang variasi sesuai keinginan kita, agar lebih keren dan dapat menjadi tempat untuk sirkulasi udara. Nah, jika breket dan pembentukan lubang variasi sudah selesai & presisi.

Tahap kelima

  • Buat Cover Engine Sendiri. Memasang alumunium foil ke bagian dalam dari cover engine handmade ini, tujuannya agar paralon tidak meleleh, atau berubah bentuk karena terkena panas mesin. Caranya amplas bagian dalam cover, kemudian lapisi pakai sanpolac, stelah sanpolac kering, tempelkan alumunium foil.

Tahap terakhir

  • Sekarang kita masuk ke tahap akhir, yaitu tahap finishing. Pada tahapan ini kita melakukan memoles tampilan cover engine ini agar lebih menarik, seperti pengecatan dsb. Untuk pengecatan dilakukan dengan mengamplasan bagian luar cover engine dan di warna sesuai keinginan kita…

Last… Buat Cover Engine Sendiri bisa dibilang modifikasi yang dilakukan oleh Bro Deddy cukup kreatif, dan hasilnya juga cukup bagus, hanya terdapat beberapa kekurangan seperti finishing dan bentuk (kalau yang ini sih tergantung selera masing-masing :mrgeen: ).

Itukan dari pipa pvc apa nggak berubah bentuk saat  kena panas mesin dan knalpot ?  Menurut beliau tidak, karena bro Deddy sudah melakukan test dengan melakukan perjalanan sepanjang 90 km non-stop dan tidak ada perubahan sedikitpun pada cover engine tersebut.

Hal ini terjadi karena panas yang dikeluarkan mesin ditahan oleh aluminum foil. Nah, apakah sobat RPM tertarik untuk mencoba membuatnya juga ? Mengingat barang yang dibutuhkan cukup mudah ditemukan, dan harganya juga tidak terlalu mahal, hanya butuh kesabaran yang cukup tinggi dan kreatifitas saja 😀 . Sekian RPM mohon undur diri semoga berguna dan bermanfaat serta menginpirasi 😀 . – RPMSUPER.COM – Buat Cover Engine Sendiri –

Silahkan disima hasilnya 😀

FB_IMG_1449837871752

FB_IMG_1449837858702

FB_IMG_1449737556578

FB_IMG_1449737547692

FB_IMG_1449737544338

FB_IMG_1449737533683

 

 

 

Kunjungi juga :

Facebook Fanspage RPMSUPER - Untuk Daily update tentang dunia Otomotif.

OtoBlade.com - Untuk info seputar dunia mobil.

RPMSUPER - AutoChanel - Untuk video seputar dunia otomotif.

Otoblade.com instagram - Untuk Daily Update tentang Mobil.

Instagram pribadi saya - Untuk info tentang dunia otomotif.

www.miranto.id - untuk diluar berita otomotif.

Kontak RPMSUPER.COM - Juga selalu tersedia 😀

 


Baca juga bray

Review Wuling Confero S by RPMSUPER

Masukan komentar Anda