Brand Otomotif di Bawah Bendera Astra

    0
    Brand Otomotif di Bawah Bendera Astra

    RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Pasar dan industri otomotif di Indonesia berkembang semakin baik dari tahun ke tahun. Para produsen selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk konsumen atau paling tidak memenuhi pasar yang mereka targetkan.

    Nah, dalam sebuah brand yang di Indonesia tidak semua berdiri sendiri. Melainkan ada perusahaan lain yang memiliki modal dan akhirnya mengendalikan perusahaan tersebut. Hal itu juga berlaku di bidang otomotif.

    Salah satu perusahaan yang berkutat di bidang otomotif adalah Astra International. Bahkan bisa dikatakan salah satu perusahaan pemegang merk terbesar di Indonesia. Lalu apa saja Brand Otomotif di Bawah Bendera Astra International ?

    Brand Otomotif di Bawah Bendera Astra

    Brand Otomotif di Bawah Bendera Astra

    1. Toyota dan Lexus

    Brand yang pertama ada dari salah satu brand mobil dari Jepang sana, yaitu Toyota. Astra Intenarional sendiri menjadi distributor mobil-mobil Toyota pada tahun 1969. Pada tahun tersebut adalah awal mula perusahaan ini bergelut dibidang otomotif.

    Namun, baru pada tahun 1971, Astra mendirikan PT Astra Toyota Motor yang hingga sekarang menjadi agen tunggal pemegang merk mobil Toyota. Astra juga sekaligus menjadi distributor dari brand Lexus. Perusahaan mobil yang dikenal dengan menjual kendaraan premium saja. Lexus juga masih satu perusahaan dengan Toyota sob.

    2. Honda Motor

    Setelah setahun menjadi distributor Toyota. Astra International ditunjuk sebagai distributor Honda Motor setahun setelahnya atau pada tahun 1970. Kemudian perusahaan ini diberikan nama PT Astra Honda Motor.

    Sekarang Honda motor menjadi raksasa di dunia industri sepeda motor. Bahkan dalam beberapa tahun kebelakang. Astra Honda Motor selalu memimpin penjualan motor yang ada di Indonesia.

    ” Baca Juga : Honda PCX 150 Raih Bike of The Year “

    3. Daihatsu

    Selanjutnya masih dari salah satu raksasa industri otomotif di roda empat, yaitu Daihatsu. Daihatsu sendiri didirikan Astra pada tahun 1977 dengan nama PT Daihatsu Indonesia. Pada tahun 2010 Daihatsu berhasil merakit 2 juta mobil sejak didiriakn pada tahun 1977.

    Daihatsu sendiri sebagian besar line-up produknya adalah untuk mengisi kelas entry level. Perusahaan ini juga menjadi basis produk untuk beberapa mobil Toyota. Misalnya Avanza, Terios dan Calya.

    4. Isuzu

    Selanjutnya mereka juga mengakusisi Isuzu. Isuzu sendiri sudah dikenal sejak lama sob, apalagi dengan mesin dieselnya. Bahkan, perusahaan ini pernah mendapatkan julukan rajanya diesel.

    Produk mobil penumpang yang paling legendaris adalah Isuzu Panther yang sampai sekarang masih tinggi peminatnya. Astra mengakusisinya pada tahun 1988 dari PT Pantja Motor yang merupakan distributor Isuzu saat itu.

    5. BMW dan Peugeot

    Saya belum menemukan tahun berapa Astra memulai mendistribusikan mobil BMW dan Peugeot. BMW di luar negeri aslinya memiliki group yang memiliki beberapa brand lain di grupnya. Namun berbeda di Indonesia, pabrikan asal Jerma ini dimiliki oleh Astra International.

    Nah, tidak hanya BMW. Astra juga menjadi distributor dari mobil yang berasal dari Prancis, yaitu Peugeot. Sebenarnya dua brand ini sekarang berada di bawah PT Tjahja Sakti Motor untuk distribusinya.

    6. UD

    Brand Otomotif di Bawah Bendera Astra yang terakhir adalah UD.  UD adalah perusahaan otomotif yang difokuskan pada bidang kendaraan komersial. Saya juga belum menemukan tahun berada didirikannya oleh Astra.

    Referensi : Wikipedia.

    Facebook Comments

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here