Bodi Fiber vs Plastik

Bodi Fiber vs Plastik

RPMSUPER.COM – Modifikasi adalah satu jalan yang dijalani para bikers yang tidak puas akan tampilan motor yang standar dari pabrik .Untuk memodifnya juga cukup beragam ada yang modif ringan saja,tetapi banyak juga yang melakukan modifikasi kelas ekstrim :mrgreen:

Untuk bahan yang digunakan modifikasi biasanya adalah  fiberglass atau serat gelas dan plastik (biasanya pilih yang plastik ABS ) .Banyak pendapat tentang kelebihan dan kekurangan dua material ini,bahkan ada juga yang anti dengan salah satu bahan untuk modifikasi ini karena pengalaman pahit yang mereka dapat :mrgeen: .

Disini, RPM ingin melakukan Bodi Fiber vs Plastik menurut pengamata RPM ya 😀 . Jadi bisa sesuai dan bisa berbeda dengan pendapat sobat RPM .Jadi semua bebas berpendapat bro ,yuk kita langsung bahas saja .

  • Fiberglass
Bodi Fiber vs Plastik
Contoh modifikasi menggunakan bahan fiberglass

Bodi Fiber vs Plastik. Fiberglass adalah bahan paling umum digunakan untuk memodifikasi motor dan sangat mudah kita temui dari bodi kit motor berkubisakasi kecil hingga motor gede. Jika sudah mempunyai cetakan bodi kit yang diinginkan tinggal mencetaknya lagi dan tidak memperlukan alat khusus untuk membuat cetakan fiber. Lalu, tinggal di kreasikan warna dan grasfinya .

Fiberglass juga mempunyai tingkat kualitasnya, semakin bagus kualitas bodi kit dari fiberglass maka akan semakin tinggi harganya ( ada harga ada rupa bro 😀 ). Keunggulan lain fiberlgass adalah bentuk bodinya bisa lebih tajam sesuai yang diinginkan bahkan membuat sudut-sudut yang cukup sulit dan rumit. Namun,fiberglass mempunyai bobot yang lebih berat dari pada bahan plastik .

Karena fiberglass tidak memiliki pori-pori. Jadi harus mempunyai keahlian dalam proses pengecatannya ,hal yang membuat tampilan bodi kit dari fiberglass lebih kinclong .Akan tetapi, hal ini juga menyebabkan bodi kit fiber warna bisa memudar. Tapi, hal ini bisa diatas dengan meningkatkan kualitas cat agar cat bisa lebih tahan lama .

Ada pula yang beranggapan fiberglass mudah retak jika terkena panas atau terkena benturan, hal ini bisa saja benar dan bisa saja salah. Mudah tidaknya bodi kit fiberglass pecah, atau retak kembali kepada kualitas bodi kit itu sendiri. RPM juga menggunakan bodi kit dari fiberglass yaitu, untuk kondom tangki (arikelnya bisa dibaca disini 😀 ) . Alhamdulillah masih awet dan masih kuat jika diduduki anak kecil :D. Bodi kit dari fiberglass juga kaku, mungkin hal ini yang membuatnya mudah pecah .

  • Kelebihan fiberglass :
  1. Bentuk bisa dibentuk sesuai keiinginan .
  2.  Warna cat bisa lebih cerah .
  3. Kuat (tergantung kualitas fiber sendiri karena helm juga terbuat dari fiberglasss ).
  4. Pembuatan lebih mudah dan tidak memperlukan alat khusus untuk pembuatan .

 

  • Kekuragan bodi kit fiberglass :
  1. Lebih berat daripada plastik .
  2. Cat lebih mudah pudar .
  3. Harga mahal (tergantung kualitas) .
  4. Bodi kaku .

  • Bodi kit Plastik
Bodi Fiber vs Plastik
Contoh full bodi kit dari plastik

Bodi Fiber vs Plastik. Bodi kit plastik juga sering digunakan tetapi dan bisa dibilang lengkap seperti halnya fiberglass .Akan tetapi,bodi kit berbahan plastik biasanya masih berlabel pabrikan .Misalnya bodi kit R15 yang akan diaplikasikan ke motor lain dan dibuat braket atau diubah bentuk motor agar sesuai dengan bodi motor .

Untuk bodi kit dari plastik asal pabrikan biasanya sudah keren ,tetapi untuk buatan aftermartket masih cukup banyak yang tampilannya kaku dan kurang bisa dibentuk lancip (tapi yang seperti itu juga ada ) dan cat dari bodi kit plastik terkenal awet (tergantung kualitas juga) dan beratnya lebih ringan dari bodi kit fiberglass .

Bodi kit plastik banyak dipilih karena awet dan lentur ,apalagi yang berlabel ABS (anti break system) membuatnya tidak mudah .Terlebih ,bodi kit untuk motor standar dari pabrikan terlihat begitu awet dan lentur.Bisa dilihat foto dibawa bodi kit plastik yang lentur 😀 .Selain itu ,bodi kit plastik dipilih karena harganya lebih murah dari bodi kit fiberglass :mrgreen:

plastik
Dipuntir tanpa pecah 😀

Akan tetapi,pembuatan bodi kit plastik tidak bisa sembarangan dan harus menggunakan alat khusus agar bisa presisi disetiap bagiannya .Walapun bodi kit plastik sudah berlabel ABS tidak berarti tidak bisa pecah ,hal ini dialami oleh RPM sendiri yaitu half fairing farias pecah ketika terhantam batu,tetapi jika hanya kerikil masih amanlah.Selain itu ,cat di bodi kit plastik bisa lebih awet ,tetapi warnya lebih kalem .Jika tidak suka di cat bisa disubstitusi menggunakan cutting stiker .

  • Kelebihan bodi kit plastik :
  1. Awet (jika benturan kecil ) dan lentur  .
  2. Lebih ringan dari fiberglass
  3. Cat lebih awet.
  4. Bodi lebih presisi karena menggunakan alat khusus
  • Kekurangan bodi kit plastik :
  1. Tampilan lebih kaku .
  2. Membutuhkan alat yang khusus .
  3. Warna cat kurang cerah .
  4. Detail bodi kurang garang (yang ini ngarang banget :mrgreen: ).


Last…keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing bro ,jadi tak perlu anti dari salah satunya atau mendewakan salah satunya .Semua pilihan tergantung pada brader semua dalam menentukan bahan dasar untuk memodif yang kuda besi .Sekian mohon undur diri semoga berguna dan bermanfaat 😀 – RPM – RPMSUPER – RPMSUPER.COM – Bodi Fiber vs Plastik –

Sosial Media : Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM Twitter : klik di sini Instagram : klik di sini Email : klik di sini Google + : klik di sini Youtube channel : Klik Di sini Another blog : Miranto.id ( health and fitness )  lapak rpmsuper

Baca juga bray

6 Comments

Masukan komentar Anda