Biaya Moto2 Dalam Satu Musim

0
Biaya Moto2 Dalam Satu Musim

RPMSUPER.COM – MOTOGP adalah salah satu balapan motor yang paling terkemuka di muka bumi ini. MotoGP memiliki beberapa kelas yang dilombakan. Masing-masing kelas memiliki keseruannya karena kubikasi, tenaga motor dan skil pembalap yang berbeda-beda. Salah satu kelas yang menarik perhatian adalah kelas moto2.

Kelas motor2 ini cukup seru karena  semua tim menggunakan basis mesin Honda CBR600R yang menggunakan racing kit agar bisa digeber lebih cepat lagi. Motornya hanya dibedakan rangkanya saja.

Motor yang ada di moto2 sekarang ada Suter, Kalex dan lainnya. Tim yang paling baru bergabung di moto2 adalah KTM. Kata-katanya biaya yang dikeluarkan dalam satu musim balap moto2 lah yang paling murah. Bahkan balap moto3 membutuhkan budget yang lebih besar karena motornya prototype.

Lalu berapa Biaya Moto2 Dalam Satu Musim. Nah, Bos dari tim Forward Racing moto2, Giovanni Cuzari. Membeberkan biaya yang dia keluarkan dalam satu musim balapan musim di moto2. Tepat pada artikel ini akan kita bahas bersama-sama, berapa biaya yang dikelarukan tim untuk balap moto2 dalam satu musim.

Biaya Moto2 Dalam Satu Musim

Pembalap

Tim Forward Racing memiliki dua pembalap. Biaya yang dikeluarkan untuk gaji pembalap adalah sebesar 200.000 Euro. Dengan rincian rider 1 atau rider utama digaji sebanyak 80.000 hingga 100,000 Euro. Sedangkan untuk pembalap keduanya dibayar sebesar 20.000 hingga 30.000 Euro. Gaji tersebut belum termasuk bonus jika sang pembalap meraih podium saat balapn.

Biaya Motor di Moto2

Biaya Sewa Motor Moto2

Hal yang paling penting dalam balapan motor adalah motor itu sendiri. Tim Forward Racing sendiri memiliki dua pembalap dan masing-masing mendapatkan 2 unit motor. Jadi total ada 4 unit motor yang dipakai dalam satu musim. Nah, motor yang dipakai oleh tim ini adalah buatan dari Kalex.

Biaya sewa 3-4 unit motor Kalex termasuk biaya perawatan dan sparepart adalah sekitar 400.000 Euro. Tim ini juga menyiapkan dana perbaikan motor jika si pembalap mengalami kecelakaan. Nilai yang dikeluarkan untuk antisipiasi crash adalah 150.000 Euro. Nilai ini malah lebih mahal dari gaji pembalap itu sendiri 😮 .

Biaya Staff Tim Moto2

Dalam menempuh satu musim balapan pasti tidak bisa dilakukan dengan tangan sendiri. Nah, dalam tim balap membutuhkan tim mekanik dan staff agar tim tersebut dapat berjalan. Untuk tim Forward Racing memiliki total 12 orang kru termasuk office staff. Kamudian biaya yang dikeluarkan untuk menggaji seluruh staff adalah 570.000 Euro. Lagi-lagi lebih tinggi dari pada pembalapnya (jika dihitung dari totalnya.

Biaya Operasional Moto2

Nah, berikut adalah biaya operasional yang harus dikeluarkan oleh semua tim yang membalap.

  • Biaya hotel dll sebanyak 250.000 Euro.
  • Biaya Pit Box adalah 50.000 Euro.
  • Biaya truk (termasuk bahan bakarnya) adalah 60.000 Euro
  • Biaya office adalah 50.000 Euro.
  • Biaya Tim H.Q sebesar 40.000.

Jadi Biaya Moto2 Dalam Satu Musim adalah sebesar kurang lebih 2,6 juta Euro tiap musimnya. Tapi tiap tim bisa berbeda-beda karena satu dan lain hal. Dorna sendiri memberikan subsidi kepada setiap tim di moto2 sebesar 150.000 – 180.000 Euro untuk setiap musimnya. Namun, tim ini juga mendapatkan kucuran dana dari sponsor sebesar 1 hingga 2 juta Euro per musimnya.

Walaupun terlihat mahal. Namun, berkat profesionalitas tim balap mereka semua bisa menutup biaya yang dibutuhkan dengan berbagai cara. Jadi mereka tetap bisa membalap dan memberikan suguhan yang menyenangkan kepada semua pecinta balapan yang menonton. Sekian artikel kali ini, semoga dapat berguna dan bermanfaat 😀 . RPMSUPER.COM – Biaya Moto2 Dalam Satu Musim –

Sumber : crash.net

Baca juga artikel tentang motoGP :

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here