Ban Cadangan Model Konde Tidak Digunakan

2
Ban Cadangan Model Konde Tidak Digunakan

Ban Cadangan Model Konde Tidak Digunakan

RPMSUPER.COM – DESAIN KENDARAAN sekarang ini sangat dinamis dan mudah sekali dalam melakukan perubahan. Bahkan jika sebuah produk mengalami produk, desain awal dan desain terakhirnya bisa berbeda sangat jauh.

Hal ini disebabkan oleh  beberapa hal. Pertama selera konsumen yang mulai berubah. Kedua, para desainer sudah semakin canggih dalam menata lay out tampilan.

Nah, salah satu trend desain yang mulai menghilang adalah ban cadangan atau ban serep yang diletakan pada bagian pintu. Model tersebut biasanya kita sebut dengan nama konde. Ya memang karena mirip sekali dengan konde yang digunakan oleh wanita.

Lalu mengapa Ban Cadangan Model Konde Tidak Digunakan di mobil jaman now ? Akan kita bahas pada artikel kali ini bro. Ternyata ada beberapa penyebab kenapa model konde sudah tidak lagi digunakan.

Ban serep model konde dulu sering digunakan pada mobil-mobil berjenis SUV atau Sport Utility Vehicle. Bukan mobil SUV sejati kalau tidak menggunakan ban cadangan model konde pada saat ini.

Kelebihan dan Kekuragan Ban Cadangan Model Konde

Namun seperti yang sudah saya sebutkan, jaman sudah berubah. Begitu pula dengan selera konsumen Indonesia yang juga berubah. Sekarang masyarakat Indonesia lebih suka dengan tampilan keren dan minimalis.

Penghilangan model konde ini terjadi pada desain Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Jika model di bawah 2017, mereka menggunakan ban serep konde. Untuk model terbaru mereka, ban serep model ini sudah ditinggalkan.

Sebenarnya ada beberapa kelebihan menggunakan ban cadangan model konde bro. Yang pertama kita akan mendapatkan space atau ruang bagasi yang lebih luas. Atau kalau tidak lebih luas, kita akan mendapatkan ruang bagasi yang yang lebih dalam.

Dengan menaruh ban cadangan pada bagian belakang pintu, tidak akan menyita tempat. Berbeda halnya jika ban cadangan di tempatkan pada bagian bawah bagasi mobil. Hal itu akan mengurangi ruang bagasi.

Namun, kekurangan menaruh ban cadangan dengan model konde adalah pada engsel pintu belakang. Berat velg ditambahkan ban tidak bisa dianggap ringan. Apalagi harus digendong setiap saat dan dalam medan yang berbeda-beda.

Kelebihan dan Kekuragan Ban Cadangan Model Konde

Jika pintu model model menyamping. Kekuatan engsel pintu akan cepat sekali berkurang. Apalagi jika mobil sering digunakan untuk keperluan off-road yang mana adalah tujuan utama dibuat mobil SUV.

Sedangkan untuk mobil yang membuka ke atas, tetapi menggunakan ban serep model konde. Part yang akan lebih cepat aus adalah pada pegas atau hidrolis pintu yang menjaga agar pintu tidak mudah turun saat di buka.

Dari segi kepraktisan penggunaannya sendiri tergantung selera pada masing-masing orang. Ada yang beranggapan ban serep model konde lebih nyaman saat digunakan. Namun, ada pula yang memilih penempatan ban serep di bagian bawah bodi mobil.

Kenapa Ban Cadangan Model Konde Tidak Digunakan ?

So bila kita simpulkan. Ban serep model konde terdapat lebih banyak kekurangannya dibandingkan dengan kelebihannya. Jadi itulah mengapa Ban Cadangan Model Konde Tidak Digunakan lagi.

Menurut saya sendiri, ban serep model konde dulu desain adalah untuk menyelaraskan selera para pecinta mobil SUV saat itu. Sekian artikel kali ini, semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua 😀 –RPMSUPER.COM – Ban Cadangan Model Konde Tidak Digunakan – Kelebihan dan Kekuragan Ban Cadangan Model Konde –

2 KOMENTAR

  1. Ada juga bbrp model motuba yg kondenya pakai tiang sendiri alias tidak nempel di pintu belakang; Kuda generasi ketiga varian Grandia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here