Bahaya Menggunakan Ban Botak di Musim Hujan

2
Bahaya Menggunakan Ban Botak di Musim Hujan

Bahaya Menggunakan Ban Botak di Musim HujanRPMSUPER.COM – HALO BRAY, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas perihal Bahaya Menggunakan Ban Botak di Musim Hujan. Seperti yang kita tahu ban adalah sebuah perangkat yang terbuat dari bahan karet.

Agar dapat melaju, sebuah kendaraan membutuhkan  ban. Ban sendiri juga berguna sebagai peredam guncangan yang pertama sebelum disalurkan kepada suspensi depan maupun belakang.

Seperti yang kita tahu, ban memiliki jangka waktu bray. Entah itu karena pemakaian yang membuat permukaan ban semakin habis. Bisa juga karena termakan usia. Jika ban sudah berumur lima tahun ada baiknya diganti.

Nah, jika ban aus karena pemakaian adalah sebuah hal yang wajar. Karena memang digunakan. Apalagi sering digunakan dimedan aspal dan berbatu. Namun, kadang orang-orang menunggu mengganti ban jika semua permukaan sudah habis secara merata.

Jika hal tersebut dilakuakn saat musim panas. Dimana sebagian besar aspal dalam kondisi kering, masih tidak terlalu menadi masalah. Walaupun tidak direkomendasikan. Namun, apa Bahaya Menggunakan Ban Botak di Musim Hujan ?

Bahaya Menggunakan Ban Botak di Musim Hujan

Seperti yang kita ketahui juga, saat kondisi hujan akan membuat aspal basah. Yang otomatis akan membuat aspal lebih licin. Apalagi ditambah cairan-cairan semacam bensin dan oli yang bercampur dengan air akan membuatnya semakin licin.

Fungsi dari kembang atau alur pada ban salah satunya digunakan untuk membuat air. Dengan adanya alur ban, ban bisa menerjang air tanpa harus kehilangan traksi. Semakin bagus dan dalam alur bannya. Akan semakin bagus pula dalam membelah air di aspal.

Namun, berbeda cerita jika kita menggunakan ban yang sudah aus alias botak. Biasanya bagian ban yang paling cepart botak atau aus adalah pada bagian tengah. Sebab, pada bagian tersebut adalah permukaan yang paling sering terkena gesekan.

Dengan tidak adanya alur ban di ban yang sudah botak. Akan membuat ban tidak dalam membuang air atau membelah air saat kondisi aspal berair. Hal tersebut menyebabkan ban akan kehilangan traksi.

Apalagi saat kita melakukan hard-braking. Kita akan lebih mudah mengunci ban saat mengerem. Yang akan berakibat fatal bray. Walapun kita sudah mengerem, tetapi laju kendaraan tidak berhenti.

So Bahaya Menggunakan Ban Botak di Musim Hujan adalah kita akan kehilangan traksi pada aspal. Apalagi jika melakukan pengeremam, kita akan lebih sulit mengendalikan laju kendaraan.

Lebih baik mencegah daripada mengobat. Ada baiknya segera ganti ban yang sudah aus daripada terjadi hal yang tidak kita inginkan. Sekian artikel kali ini, semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua 😀  – RPMSUPER.COM – Bahaya Menggunakan Ban Botak di Musim Hujan

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here