Arti Porting Polish ?

1 (1)

RPMSUPER.COM –ย Porting Polish sepertinya sudah tak asing lagi dtelinga kita terlebih yang suka dalam hal oprek-mengoprek bagian dalam mesin yang tidak terlihat. Apalagi tuner kelas tinggi untuk kebutuhan balap, porting polish sepertinya merupakan hal yang wajib. Karena porting polis dapat memperderas aliran campuran bahan bakar dan udara kemesin .

Mungkin sobat sendiri ada yang belum tahu apa ituย ย porting polish itu ? Awalnya saya juga belum tahu betul apa itu porting polish. Namun, disini coba kita bahas bersama dan belajar bersama untuk menambah wawasan kita tentang porting polish .

Menurut bahasa kasarnya porting polish menghaluskan dinding intake pada motor yang berbentuk seperti kulit jeruk. Gunanya untuk memperlancar aliran campuran udara dan bahan bakar yang hendak masuk keruang pembakaran agar mulus dan tanpa meninggalkan sisa. Lalu lubang juga dibesarkan lebih dari 1 mm .

Namun, porting polish tak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Haruslah tuner yang berpengalaman dan mempunyai tinggak ketelitian tinggi karena yang dihaluskan hanya sekita 1 mm ๐Ÿ™„ . Jika salah perhitungan atau terlalu lebar saat menghaluskan malah dapat mengakibatkan kompresi bocor ๐Ÿ˜ฎ .

Porting polish tujuannya adalah melacarkan campuran bahan bakar dan udara. Namun, hal ini tak berarti melakukan porting polish dapat menaikan performa motor dengan signifikan. Akan lebih signifikan jika dipadukan dengan settingan karburator/ECU yang bagus dan penggunaan knalpot freeflow. Baru akan mendapatkan hal yang maksimal.

Mengapa lubang intake pada motor yang dijual umum tidak memiliki intake yang mulus ? Karena akan menyebabkan tingginya biaya produksi jika semua motor mempunyau intak yang mulus dan permukaan intake yang agak kasar seperti malah bagus untuk keseimbangan antara campuran bahan bakar dan udara kurang bagus dipermukaan licin seperti porting polish.

kasar
Seperti kulit jeruk

Nah untuk harian, tidak terlalu perlu melakukan porting polish karena juga akan membuat boros bahan bakar. Namun untuk keperluan balap, sepertinya diperlukan karena membutuhkan suplay bahan bakar yang deras nan lancar agar dapat mencapai hasil maksimal. Motor untuk turun balap juga sudah mendapatkan settingan dan modifikasi khusus berbeda dengan motor standar.

Melakukan porting polish juga dapat membalance mesin, getaran dan gesekan antar komponen dapat di minimalisir. Sehingga performa motor meningkat dan akselerasi, nyosh ,seperti yang dikatakan oleh mbah laskar suzuki disini dan bisa dicek diTKP ย ๐Ÿ˜€ .Jadi jika mau melakukan upgrade mesin jangan tanggung-tanggung.

Last.. Artikel ini hanyalah opini dari RPM jika ada kesalahan mohon direvisi,jika ada yang kurang mohon ditambahkan agar kita dapat belajar bersama dan memperluas wawasan .Okeh sekian dari saya ,mohon undur diri,semoga beguna dan bermanfaat bagi sobar RPM semua ๐Ÿ˜€ย – RPM – RPMSUPER.COM

 

Kunjungi juga :

Facebook Fanspage RPMSUPER - Untuk Daily update tentang dunia Otomotif.

OtoBlade.com - Untuk info seputar dunia mobil.

RPMSUPER - AutoChanel - Untuk video seputar dunia otomotif.

Otoblade.com instagram - Untuk Daily Update tentang Mobil.

Instagram pribadi saya - Untuk info tentang dunia otomotif.

www.miranto.id - untuk diluar berita otomotif.

Kontak RPMSUPER.COM - Juga selalu tersedia ๐Ÿ˜€

 


Baca juga bray

Review Wuling Confero S by RPMSUPER

27 Komentar

  1. Gw porting polish dan bukan buat balap… tambah hemat kok hahahahaha bukan boros… malah gw sampe ganti cdi koil ama bearing mesin… hemat bro hemat..

Masukan komentar Anda