Alternatif dari Pakai Box Motor

0
alternatif dari pakai box untuk membawa barang
sumber : adventuriderz.com

RPMSUPER.COM – SEPEDA MOTOR adalah salah satu jenis kendaraan yang sangat favorit di Indonesia. Memiliki dimensi yang relatif ramping dibandingkan dengan kendaraan roda empat. Membuatnya lincah dalam menembus macetnya jalanan yang ada di Indonesia.

Namun, sudah bukan rahasia lagi. Jika  kepraktisan dari sepeda motor sedikit berkurang karena tidak bisa membawa banyak barang. Untuk mengatasi hal ini kebanyakan orang memilih untuk memasang box pada motor mereka.

Tapi, tidak semua orang mampu dan mau menggunakan box pada motor mereka. Untuk alasannya ada berbagai macam. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas Alternatif dari Pakai Box Motor. Siapa tahu sobat sedang mencari alat yang dapat membawa barang lumayan banyak, tanpa menggunakn box motor.

  1. Side Bag

side bag motor
sumber : modifikasi.com

Alternatif yang bisa jadi nomor satu adalah side bag. Sebenarnya secara fungsi hampir sama dengan side box yang ada sekarang. Namun, biasanya side bag dibuat dari bahan kain seperti tas pada umumnya. Side bag sendiri memiliki berbagai ukuran yang bisa sobat pilih sesuai kebutuhan.

Kelebihan dan side bag sendiri bisa dipasang dan dilepas secara mudah dan cepat. Tidak memperlukan braket apapun pada motor. Biasanya universal untuk semua motor. Harga yang lebih murah dibandingkan pada side box. Side bag juga tidak mudah rusak walaupun motornya ambruk, karena biasanya memiliki bentuk yang fleksibel.

“Baca juga : Pasang Side Bag pada Motor

Namun, tentu saja side bag memiliki kekurangan. Pertama, karena terbuat dari kain makan tidak bisa 100% waterproff walaupun sudah terdapat pelindung untuk air. Kedua, keamanan tidak seaman side box karena terdapat kunci. Sedangkan pada side bag tidak terdapat kunci yang akan membuat was-was jika meninggalkan barang di dalam tas.

2. Tank-Bag

tank bag motor
sumber : thenakedrider.wordpress.com

Alternatif dari Pakai Box Motor selanjutnya adalah tank-bag. Dari namanya saja kita sudah tahu jika tas ini untuk diletakan di tangki motor. Tank-bag sangat mudah saat digunakan karena tinggal pasangnya saja pada tangki motor sobat. Kemudian, magnet yang ada di tank-bag akan menempel pada permukaan tangki.

Walaupun motor sobat menggunakan kondom tangki yang biasa terbuat dari non-besi. Sobat masih bisa memasang tank-bag ini karena masih terdapat pengikat di dalamnya. Selain itu, tidak perlu meninggalkan barang ini pada parkiran karena sobat bisa gunakan seperti tas pada umumnya.

Kekurangan dari tank-bag adalah dimensinya yang tidak terlalu besar. Jadi barang bawaan yang bisa dibawa tidak bisa terlalu banyak. Paling untuk ukuran standar hanya masuk untuk jas hujan saja. Tapi, terdapat ukuran yang besar juga, tetapi dengan rentang harga yang cukup jauh dibandingkan ukuran standar.

3. Tail-Bag

tail bag motor
sumber : kobayogas.com

Alternatif dari Pakai Box Motor terakhir adalah tail-bag. Sebenarnya bentuk dasarnya hampir sama dengan tank-bag. Bedanya biasanya terletak pada dimensinya. Pada tail-bag memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan dengan tank-bag. Tail bag dipasangkan pada bagian belakang motor, teparnya pada jok pembonceng.

Kelebihan dari tail-bag adalah mudah dalam memasang dan melepasnya alias praktis dalam digunakan.  Memiliki ukuran yang besar. Ukuran standarnya mampu membawa helm full face satu buah. Selain itu, harganya juga lebih murah daripada menggunakan box motor. Tail-bag juga bisa digunakan sebagai tas punggung biasa.

Kekurangannya hampir sama dengan yang lainnya, yaitu kurang tahan hujan (walaupun sudah dilengkapi dengan rain-cover). Keamanan tidak seperti box yang terdapat kunci. Terakhir, anda tidak bisa berkendara dengan berboncengan. Tapi, tail-bag cocok untuk Anda untuk pengembara tunggal :mrgreen:


Last… Di atas adalah alternatif untuk sobat yang suka bawa barang banyak, tetapi enggan menggunakan box motor. Ataupun juga tidak suka membawa tas punggung karena membuat badang sakit. Mungkin beberapa list di atas bisa membantu. Mungkin masih ada beberapa alat lagi yang bisa menjadi alternatif. Monggo share dikomentar. Sekian artikel kali ini semoga berguna dan bermanfaat 😀 – RPMSUPER.COM – Alternatif dari Pakai Box Motor –

 

Vote me on Voucher.id
Automotive Blogs Award 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here