Akibat Ban Kekurangan/Kelebihan Tekanan

ban

RPMSUPER.COM – BAN merupakan perangkat wajib yang ada disemua kendaraan bermotor. Ban bertugas untuk menyalurkan hasil tenaga yang dihasilkan oleh mesin, meredam bumpy dari jalan sebelum diredam oleh shock breaker dan juga penerus kemudi dari stang dan mungkin masih banyak fungsi lain dari ban sendiri .

Ban sendiri memiliki berbagai jenis dan model,dari mulai  ban tubeless,ban tubetype ban dari soft sampai hard dan sebagainya. Pada kesempatan kali ini saya tidak membahas jenis ban atau sebagainya 😀 .Tapi, akan membahas efek yang dihasilkan jika ban kekurangan atau kelebihan tekanan.Yuk mari kita bahas,cekibrrot 😀

  • Kekurangan Tekanan 

Bahan Bakar Boros

Ini hal yang paling merugikan untuk biker karena ban yang kekurangan tekanan akan membuat bahan bakar lebih boros. Kok bisa ? Karena ban yang kurang tekanannya akan membuat tapak ban yang menempel ke permukaan jalan lebih banyak. Nah, semakin banyak tapak ban yang menempel dipermukaan jalan akan membuat semakin banyak gesekan. Semakin banyak gesekan antara ban dan permukaan jalan akan membuat semakin banyak tenaga yang diperlukan.

Handling Lebih Berat

Handling menjadi lebih berat juga disebabkan seperti yang dijelaskan diatas. Selain itu, handling yang berat disebabkan karena ban yang lembek. Handling yang buruk juga membahayakan bagi pengendara dan pemboceng juga karena tidak bisa bermanuver sebagai mana mestinya .

Ban Cepat Aus dan Rusak

Hal ini juga masih sama seperti nomor 1, yaitu disebabkan tapak ban yang menempel dipermukaan jalan lebih banyak dan mengakibatkan gesekan yang berlebih. Faktor tersebut juga dapat membuat ban cepat rusak atau aus. Kerusakan ban yang dapat disebakan karena kurang tekanan adalah sebagai berikut :

  • Keausan ban tidak merata. Biasanya ban bagian tengah yang cepat aus, karena tekanan ban kurang menjadikan bagian ban samping juga ikut bergesekan dengan permukaan jalan. Hal ini mebuat keausan ban tidak rata.
  • Ban mudah meletus. Ban yang kurang tekanannya membuat tekanan ke ban lebih besar dan membuat karet dan kawat yang di dalam ban depat rusak. Dari itu,menyebabkan ban mudah meletus.
  • Ban hamil. Kerusakan ini juga disebabkan beberapa faktor diatas. Ban hamil adalah kondisi dimana ban terdapat benjolan di dinding ban .
ban hamil
Sumber : mariodevan.com

 

  • Kelebihan Tekanan Ban

Traksi Ban Berkurang

Yup,kebalikan dari kekurangan tekanan. Ban kelebihan tekanan akan membuat bidang gesekan ban dengan permukaan jalan semakin kecil dan membuat traksi berkuran atau ban terasa mengambang di permukaan jalan. Alias tidak menggigit permukaan jalan dengan baik.

Kenyamanan Berkurang

Ban yang kelebihan tekanan ban akan membuat kenyamanan berkendara berkurang. Hal ini disebabkan karena ban tidak bisa melaksanakan tugasnya sebagai peredam kejutan pertama sebelum diteruskan oleh suspensi. Ban akan terasa kaku terlebih saat melewati jalan yang bergelombang, rusak dan sebagainya.

Ban Licin dan Kemampuan Rem Berkurang

Masalah ini juga disebabkan karena traksi ban yang berkurang dan menjadikan ban relatif lebih licin. Dari ban yang licin tersebut menyebabkan kemampuan rem berkurang. Bukannya motor berhenti malah ban yang berhenti berputar tapi motor masih ngeloyor :mrgreenn: bahaya bro ! .

Ban Cepat Rusak

Sama yang disebabkan jika ban kurang tekanan. Ban yang kelebihan tekanan juga lebih cepat mengalami kerusakan, tetapi kerusakan ban yang kelebihan tekanan tidak terlalu banyak. Tapi kerusakan yang dihasilkan lumayan juga, yaitu membuat permukaan ban yang cepat aus.Kerusakan ini disebabkan karena kelenturan ban yang berkurang.

——-

Last… Jika dilihat memang serba salah juga bro 😀 . Tapi untuk kenyamanan dan keselamatan sobat semua, mengecek tekanan ban tidak akan seribet akibat yang dihasilkan.

Cek tekanan ban secara berkala ( 3 bulan sekali atau lebih cepat ). Tekanan an juga harus sesuai biasanya di dinding ban,di arm motor (untuk motor matic biasanya di sekitar dashboar motor) sudah tercetak jelas tekanan ban yang sesuai untuk ban 😀 .

Sekian artikel kali ini, saya mohon undur diri,semoga berguna dan bermanfaat .

Sumber : otomotif.net dan tabloid mingguan otopluS

Baca juga bray

Tags:, ,
6 Comments

Masukan komentar Anda